August 10, 2010

Cara Pandang

Satu hal yang aku suka dari budaya di Amerika adalah bagaimana cara pandang orang-orangnya terhadap sesuatu. Sebagai contoh, di tempatku dulu (Hot Springs, Arkansas), I never met any other people who has same religion like me (Islam). Mereka ngga pernah tau, ngga pernah ketemu, ngga pernah mencoba mencari tahu tentang apa itu Islam (so that's my job to explain it to them). Tapi, meskipun gitu, orang-orang di sekelilingku baik, mereka ngga nganggap aku aneh, meskipun ritual ibadah yang aku jalanin termasuknya tentu sebuah 'ibadah yang ajaib' buat mereka. Mereka terheran-heran dengan konsep puasa, ataupun kenapa aku ngga bisa makan 'pork', tapi toh mereka menghormati, they asked about it, why I can't? Why I have to fast? etc, tapi setelah itu, mereka bahkan memperingati aku kalo ada makanan yang mengandung pork, atau selalu nyisain dinner buat aku sahur paginya, dsb.

Coba kalo kita ambil contoh di Indonesia. Gimana kalo ada orang asing datang, dan agamanya itu adalah agama yang kita ngga pernah denger sebelumnya. Dijamin orang-orang bakalan ngomongin, dianggap aneh, dan jadi takut bergaul sama orang itu (liat aja, setiap ada aliran agama/sekte yang dianggap 'beda' aja, orang Indonesia udah heboh gitu, sampe masuk TV dan media massa). Atau pas ada orang yang beda sex orientation nya, kalo di Indonesia pastinya dilaknat abis-abisan tuh.

And what I've learned after a year in the United States is, be open minded.
Karena ada beberapa hal yang menurut aku ngga bisa dikotak-kotakkin. Semacam persoalan keyakinan. Aku (sebenenrnya) ngga suka sama yang namanya ibadah yang disuruh2, menurutku sih nonsense aja, kaya guru-guru yang nguber murid kalo muridnya ngga buru-buru solat jumat lah, atau guru yang men-sugesti murid perempuan nya buat pake jilbab lah (pasti kan kalo ada guru yang ngomong gitu, hati anak-anak yang ngga pake kerudung yaa kaya digimanain juga...), karena kalo menurut aku, agama itu balik lagi ke hati. Kalo ngga datang nya dari hati, itu sih sama aja bohong. Buat apa? Tapi bukannya aku kontra juga sih, itu kan masalah culture ya. Aku tentu sebenernya emang lebih suka sama orang yang ibadahnya rajin juga (tanpa disuruh2 loh).

Kalo ada yang ngga setuju sama pendapatku, yaudahlah yah, each person has different opinions kan. Ngga mainan ya kalo yang namanya saling menjatuhkan :)

No comments: