March 2, 2010

hei ho!

Sabtu kemaren kan ada trip buat para exchange students di Arkansas. Tripnya terdengar garing dan ngga wajar sih, masa jalan-jalan ke perpustakaan sama ke museum harus bayar 15 dolar alias seratuslimapuluhribu? Tapi ya ngga papalah, itung-itung bayar juga pake duit hasil dikasih.
Asiknya aku ketemu sama temen-temen para exchange students. Ada juga anak baru dari Brazil, Czech Republic, dan Malaysia. Udah seneng banget pas tau ada anak baru dari Malaysia, udah berimajinasi gitu mau ngobrol pake bahasa Indonesia campur-campur melayu, udah latian dalem hati, "kalo ngomong 'kamu' diganti jadi 'awak' karena bahasa melayu awak artinya kamu" udah riang banget, abisnya hampir 7 bulan terakhir ini, bahasa indonesia saya jadi bobrok karena tidak pernah dilatih dan digunakan lagi. Eh tapinya, dasar bagai pungguk merindukan bulan, mau ngomong bahasa indonesia di amerika memang agak-agak tidak mungkin, ternyata si anak malaysia ini mempunyai kekurangan, alias tuna wicara dan tuna rungu. Aaaah gimana mau ngobrooool? Yasudahlah akhirnya aku urungkan niatku.
Meskipun ngobrol-ngobrol bahasa indonesia tidaklah jadi, aku masih asik ngobrol sama teman-teman yang lain, apalagi udah lama ngga ketemu sama si Minju. Ehtapi dasar Lily si hoki, pas jalan-jalan ke museum, ada seorang bule yang sedang 'belajar' bahasa indonesia. Agak terpukau juga, kok ada bule yang belajar bahasa indonesia, dia bisa lancar mengatakan "Saya tidak suka bawang bombay." Wah! katanya dia belajar dari temennya selama dia di Jerman, nah temennya ini orang Indonesia yang lagi sekolah di jerman, uwow. Doipun nanya-nanya beberapa frase dalam bahasa indonesia, yang tentu saja aku jawab dengan senang hati.
Hari itupun, dari total 15 students yang ikut trip, 4 diantaranya adalah siswa YES, alias siswa beasiswa dari department of state. Dan tentu saja karena ke sininya dapet gratisan, harus ada yang dilakukan sebagai pengorbanan. Kita-kita anak YES harus bikin presentasi tentang 'The Little Rock Nine' yaa semacam grup yang menjadi pelopor pendidikan bagi orang kulit hitam di Arkansas, mungkin kalo di Indonesia ya kaya Kartini kali ya. Aku sih ngasih presentasi yang biasa saja, karena ada 2 anak YES yang luar biasa presentasinya. Pertama, anak YES dari turki, namanya Zeynep. Luar biasa kenapa? Zeynep ini tidak bisa melihat, jadi dia membaca dan menulis pake huruf braille. Aku terpukau banget pas ngeliat dia baca huruf braille, dia bisa baca cepet banget, padahal huruf braille jendilannya kecil-kecil kaya jerawat gitu, hebat banget deh! Yang kedua adalah anak malaysia yang tadi aku sebutkan tadi, dia presentasi pake 'sign language', alias pake bahasa isyarat. Gila keren banget, kaya nari gitu tangannya lincah banget, penterjemahnya pun mengartikan apa yang dia maksud. Setelah itupun aku coba ngobrol sama si anak malaysia ini, pake kertas sama pensil. Aku juga belajar sedikit bahasa isyarat, meskipun baru ungkapan ringan semacam "Halo" atau "Terima Kasih". Aku yang asalnya rada-rada kecewa, setelah itu malah jadi seneng banget 'belajar' ngobrol sama dia :)
Setelah ngeliat mereka berdua, aku jadi bersyukur banget dengan apa yang aku punya. Ngga kebayang kalo kita ngga pernah denger suara sendiri, ngga bisa denger musik, atau ngga pernah tau warna merah itu kaya apa. Aku ngga yakin kalo aku punya kekurangan kaya mereka, bisa ngga aku berprestasi kaya mereka. Mereka punya kekurangan aja bisa dengan mandiri ke amerika, jauh dari keluarga. Aku jadi punya tekad, suatu saat aku mau belajar bahasa isyarat atau belajar baca huruf braille. Aku mau bantuin orang-orang yang punya kekurangan ini, mungkin bisa juga sambilan jadi penterjemah bagi mereka ;)
Sekian tulis-tulisan hari ini, kapan-kapan disambung lagi, ciao :D
nb : aku ngakak baca postingannya vanya, pas dia bilang foto bt temanya winter, dia pake jaket macan garong, wakakakaka, ngga kebayang! kalo mau baca postingannya si eneng, klik di sini saja!

No comments: