July 24, 2010

The Biggest Reverse Culture Shock for Me

Reverse culture shock? Apaan tuh?

Jadi reverse culture shock itu adalah istilah, buat orang yang di luar negri, begitu dia balik ke negaranya, jadi 'culture shock'. Sebelum aku pulang dan pas orientasi waktu aku baru pulang ke Indonesia, dijelasin tentang situasi reverse culture shock yang serem-serem, misalnya jadi susah bergaul sama temen-temen lama, dianggap sombong karena merasa superior, ngga merasa 'belong' ke keluarga di Indonesia lagi, dan lain-lain, pokoknya serem-serem lah!

Tapi alhamdulilah, aku ngga ngalamin masalah kaya gitu. Aku sih emang dari dulu juga baik sih yang namanya ke adek kelas :p jadinya pas balik lagi ke SMA, aku ngga ada masalah juga. Terus aku juga ngga suka sih sombong-sombong cerita soal amerikaaaa mulu, malahan yang ada mereka yang nanya-nanyain tapi aku nya yang males ceritanya cuman bilang 'biasa aja' haha. Sama keluarga juga ya, biasa aja, kaya dulu lagi aja kok.

Tapi di satu minggu terakhir ini, aku kena masalah reverse culture shock ini kayanya... Masalahnya bukan masalah sama temen, sama guru, atau sama keluarga, tapi masalah sama diri sendiri. Apaan emang nya? Hmmm... Kayanya karena makanannya beda, terus aku jadi suka makan dengan lahap dan banyak, aku mengalami sedikit masalah dengan pencernaan, haha. Jadi belakangan ini aku kayanya bermasalah dengan konstipasi. Kalo ngga dirangsang sama obat pencahar, rasanya susah banget ke belakang, hahahaha. Bisa 3 harian kalo ngga minum obat dulu. Hhhh, tersiksa banget. Udah makan buah loh padahal, udah gitu minum adem sari juga (kebetulan lagi sakit tenggorokan juga), tetep aja begini...

Gimana dongggggg? Kasih saran ya...



ps : aku lagi sakit juga nih sekarang, sakit tenggorokan terus pusing dan rada demam, hhhh... mana ada masalah konstipasi pula........................

No comments: