September 21, 2010

How to make poster with Lily's style

Halo! Setelah sekian lama, akhirnya aku bikin tutorial lagi :) Tapi kali ini tutorial nya adalah how to make poster with Lily's style. Sebenernya ngga harus poster juga sih, teknik yang aku ajarkan ini (cieh) bisa juga diaplikasikan dalam membuat barang-barang lain. Ini cuman sekedar contoh aja, dan kebetulan poster ini merupakan hasil karya terbaru Lily :) Oiya, poster ini aku buat dalam rangka ikutan lomba poster bertema lingkungan hidup dari pertamina. Aku pake teknik melukis, gambar sama kolase, meskipun ngga tau bakalan menang atau ngga, aku cuman bisa berdoa, temen-temen yang baca postingan ini juga minta doanya ya :) Ini dia poster jadinya :
My Poster :)

Oke langsung aja yuk mulai tutorialnya :) Maaf tapi kalo gambar di bawah ini kualitasnya kurang oke, soalnya motonya pake kamera HP. Tapi dijamin masih jelas kok :) Yuk mulaaai...



1. Pertama, buat disain abstrak dari cat air. Asal aja, ngga usah pake disketsa-sketsa dulu, warna keliatan jelek? Jangan khawatir, ini baru dasarnya aja kok! Oiya saran dari aku, banyakin airnya, biar warnanya lebih transparan.
Nah kira-kira gini nih...



2. Kalo cat airnya tadi udah kering, mulai deh ngegambar disain nya. Aku sendiri ngegambar nya pake spidol marker biasa kok :) Misalnya di sini aku mau gambar pohon yang gede, jadi aku gambar aja dulu batang pohon asal, terus aku kasih dekorasi biar rame! Oh iya hasil karya jenis gini, makin bagus kalo tambah rame, jadi rame2in aja ya! Hehehe.
Meskipun belum keliatan kaya gambar pohon... Tapi intinya ini bakalan jadi pohon
Nih detailnya kalo digedein :)

3.Nah kalo batang pohon kalian udah jadi, kita mulai bikin daunnya. Di kertas gambar lain, buat aja warna ijo digradasiin, pake cat air. Kalo udah kering, digambar deh pola daunnya, terus diguntingin.Nanti di bagian belakang daunnya itu ditempel double tape yang tebel yang ada busanya biar terkesan lebih 3d. Kalian butuh sebanyak apa daunnya? Tergantung besar pohon kalian :)
Diemin sampe kering...
Gambar daun terus gunting
Kasih double tape deh...

4.Jangan lupa tambahin kata-katanya! Namanya juga poster :) Aku sih tulisan nya ngeprint dari komputer terus aku gunting dan tempel deh.
Tulisannya...

5. Udah lengkap semua? Tempelin daunnya tadi, terus tempelin tulisannya juga. Kalian juga bisa tambahin kolase lain, seperti misalnya aku gambar monyet, buah atau bunga.
Kira-kira begini...

6. Kalo udah, biar tambah rame dan bagus, tambahin detail lain. Bentuknya ngga usah realistis juga nggapapa, misalnya kaya punyaku ini... Oh iya aku juga nempelin kolase bunga, terus aku kasih motif swirls di background nya biar tambah rame dan oke :)
Tambah-tambahin detail biar rame...
Terus tambahiiiin...
Terus nanti jadi deeeehhh...
My Poster :)




Jreng-jreng-jreeeeeeeeennngg... Gimanaaa? Gampang kan? Meskipun step-stepnya lumayan gampang, tapiiii proses ngerjainnya sendiri lumayan makan waktu loh. Aku bikin poster ini di kertas ukuran A2, dan makan waktu sekitar 2 hari, yang dalam seharinya aku ngerjain sekitar 10-12 jam-an. Yang paling makan waktu itu pas bikin kolasenya! Karena aku harus bikin daunnya banyaak bangeeet, sampe kapalan nih tangan main gunting haha. Tapi mungkin kalo kalian bikin di kertas yang ukuran lebih kecil, bakalan lebih cepet juga, jadi tenang aja :D

Yuk mari berkarya! Kalo kalian punya tutorial buat bikin barang2 seni juga, kasih tau aku yaaaa! Kalo aku bikin-bikin sesuatu lagi, nanti aku kasih tutorialnya lagi ya :)

Salam,
Lily

6 comments:

Aldriana A. Amir said...

Lily, tutorial posternya keren! :D

Kayaknya paling asik pas tahap dasar gambarnya ya, pake cat air, hihi..
Ah, liat postingan ini jd ingin bikin gambar digabung dg kolase jg deh.. :D

Sukses untuk lomba posternya ya! :)

Natea said...

aaaaaa Lilyyy gue kesel itu gambar akhirnya ga bisa diliat dua dua nya. padahal pengen liat banget sampe bawah. yg keliatan cuma setengahnya Ly. keren Ly bikin postingan kayak gini :) gambarnya juga pasti bagus (walaupun belum ngeliat utuh T_T)

Siti Aisyah Rachmawati said...

keren lily, bikin yang kaya gini lagi yaa!!

Livia "Lily" Meilani said...

@aldriana : ayoo bikin, nanti post hasilnyaaaa, pasti bagus deh kl kamu yg buat.

@natea : di fbku jg ada loh gambarnyaa, cari aja di wall photos :)

@ siti : iya nanti kl bikin, aku post lagi :D

Nadya Komanechi said...

oh my itu bagus banget ly!! you are the most envy person in my life about the art :)) selalu dari dulu adaaa aja yang keren

Livia "Lily" Meilani said...

hehe makasih ya komanechi, doain aja semoga menang :)