October 5, 2010

Diet dan Gaya Hidup Sehat?

Ada 3 komentar yang belakangan ini sering banget aku denger dari orang-orang tentang aku...
1. Ya ampun tulisannya bagus banget!
2. Gambarnya keren! Bagus~
3. Lily kok gendut ya sekarang...

Ya kata-kata ini ngga terus diulang-ulang dengan sama, ada variasinya juga, maksudnya ngga setiap orang yang komentar kata-katanya ini terus hahaha. Tapi ya, please deh komentar nomer 3 itu, gatel juga aku dengernya, dan setiap kali dikomen gitu, aku membalas sambil tersenyum,
"Kemaren pulang dari Amerika naiknya kan 8 kilo..."
Oh ampun, segitu keliatannya kah 8 kilo ku itu? Sepertinya iya... Secara 8 kilo...

Aku dari dulu emang ngga pernah kurus juga sih... Tapi ya setidaknya ngga gendut banget juga kaya gini. Dulu ya aku keliatan seperti orang normal dengan pipi chubby dan sedikit berisi. Sekarang aku keliatan seperti orang gendut yang keliatan 'sedikit' kurus hahaha... Jadi akhirnya aku memulai gaya hidup sehat yang tentu manfaat utamanya adalah menurunkan berat badan kesehatan di masa tua nanti. Harus ditekankan, dengan gaya hidup sehat ini, turun berat badan adalah bonus :)



Sebelumnya aku dapet tips gaya hidup sehat dari Teh Tazy (kakaknya temenku, Lia), yang konon berhasil menurunkan berat badannya banyaaaaaak banget dari gaya hidup sehat ini, sampe masuk majalah loh waktu itu... Tapi gila syaratnya gila-gilaan juga, ribet banget, harus makan buah dan sayur minimal 5 warna seharilah, ada waktu masak sayurnya ngga boleh lama-lama lah, pokoknya ribet banget... Akhirnya aku menyederhanakan tips dari Teh Tazy ini, dan aku gabungkan dengan tips-tips hidup sehat dan menurunkan berat badan dari sumber yang lain.

Kalo soal makan, sekarang aku ngga mau makan nasi, kecuali nasi merah. Kalo ngga ada nasi merah, aku mendingan makan sayurnya aja sampe kenyang. Kenapa ngga mau nasi putih? Soalnya nasi putih ini karbohidrat sederhana yang bakalan banyak disimpan dalam bentuk lemak dibanding tenaga. Kalo nasi merah kan karbohidrat kompleks, otomatis lebih susah dirubah jadi gulanya juga (eh gitu kan ya penjelasannya? haha). Sama halnya dengan roti, jangan banyak makan roti putih, kalo mau roti gandum. Aku juga ngurangin makan daging, banyakin sayur, ini sih mungkin ngga susah buat aku, soalnya aku emang sebenernya lebih suka sayur daripada daging. Kalo porsi makan, hmm, aku sih karena jarang makan nasi, ya makan sayur doang secukupnya, ya kalian bisa kira-kira sendiri deh porsi kalian. Sebenernya sih ada takaran-takaran nya gitu, tapi ribet ah, akumah kira-kira aja. Aku biasa makan brunch (breakfast lunch) di istirahat pertama di sekolah, sekitar jam 10an, aku emang biasa ngga sarapan di rumah, sarapannya ya brunch ini, paling abis itu aku makan sore abis pulang sekolah. Ngga 3 kali sehari sih seperti seharusnya, tapi yasudahlah haha. Oh iya ada beberapa tips dari aku (dari sumber terpercaya tentu) :
  1. Hindari gorengan sebisa mungkin... Kolesterolnya banyak... Emang sih susah (ya liat aja tempe orek juga pasti digoreng dulu lah), tapi ya minimalisir aja deh...
  2. Makan perlahan-lahan, dinikmati, dan dikunyah 30 kali, dijamin lebih gampang kenyang dibanding makan cepet-cepet.
  3. Makan jangan sampe terlalu kenyang, kalo bisa malah sebelum kenyang udah berenti (kan kaya hadis nabi juga ya...)
  4. Lebih baik makan sering tapi sedikit-sedikit dibanding sekalinya makan porsinya gede.
  5. Minum yang banyak! Begitu bangun tidur, dianjurkan minum 5-6 gelas (mabok dah hahaha, aku juga suka mabok, tapi ya lama-lama pasti kebiasa juga), bagus banget itu, cegah banyak penyakit dan bikin muka kinclong.
  6. Orang sering salah ngira haus jadi laper. Jadi kalo misalnya kamu laper di bukan jam makan kamu, jangan buru-buru makan, bisa aja sebenernya kalian itu haus. Jadi caranya, pas kamu laper itu, minum sekitar 2-3 gelas air putih, kalo setelah minum kalian masih laper, nah artinya emang kalian laper beneran, tapi kalo engga, artinya kalian emang cuman haus doang.
  7. Minum air putih! Jangan banyak minum soft drink, jus botolan, dsb... Isinya gula semua, dan gulanya ngga nanggung-nanggung banyaknya!
  8. Kurangi daging merah ya (sapi, kambing, dll) kolesterolnya banyak... Kalo mau protein ya, lebih baik cari yang nabati sih, tapi daging putih juga lumayan... Banyakin konsumsi buah dan sayur :)
  9. Kalo mau ngemil, lebih baik makan cemilan yang dari karbohidrat sederhana seperti roti-rotian, jangang ngemil yang aneh-aneh deh.
  10. Nasi bisa diganti juga pake oatmeal atau serat serealia gitu, sehat loh
Kalo soal olah raga, hmmm, emang lebih baiknya sih rutin... Tapi ya gimana aku olah raga, ngga ada waktu, ngga sempet juga... Akhirnya ya selain pelajaran olah raga di sekolah aku maksimalkan, aku juga sebisa mungkin pulang sekolah dari jalan Curug jalan kaki sampe ke rumah (jaraknya kira-kira 2 kilo), setelah dijalani ternyata ngga berasa begitu jauh, malah sekalian hemat ongkos hahaha. Kalo kalian punya jadwal olah raga yang tetap sih ya bagus dong haha.

Oh iya, tips hidup sehat ini bukan cuma buat yang mau turun berat badan loh, buat yang sudah normal dan tak berniat menurunkan berat badan, sebenernya gaya hidup sehat ini bagus juga... Cuma ya mungkin ngga se-sedikit orang yang mau turun berat badan aja makannya.

Aku sendiri baru mulai menjalankan gaya hidup sehat ini, biasanya sih aku gagal karena banyak godaan... Tapi semoga yang sekarang berjalan lancar (Amiiiiin...) Aku pengen setidaknya menghilangkan 8 kilo dari Amerika itu, tapi ya kalo dikasih bonus berat badan ideal... Siapa ngga mau sih? Hahaha... Rencana kalo aku kuliah nanti juga, aku pengen ngegoes alias naik sepeda, supaya tambah sehat hat hat hat...

Buat yang mau ikutan aku juga, yuk bareng! Kalo ada temennya kan jadi semangat! Semoga tipsku ini bermanfaat yaaaa :D Salam sehat!


ps : Aku lagi sedih deh, lagi-lagi ngga dapet undian Lucky Draw tiket konser Indonesia-Korean friendship festival... Padahal ada SHINee nya loooh T__T Aku juga ngga tau bakalan jadi ke pasar seni ITB atau ngga, hiiiikkkks T___________T Ya Allah apakah ini pertanda bahwa aku hanya boleh belajar di rumah? Sediiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhh...

3 comments:

dinaramalia said...

jadi nih kak ceritanya mau diet? ahhahha

dede said...

dengan tinggi 178, dulu beta beratnya 103kg loch(gak boong suwer deh)
tapi guess what, berat beta skrg hanya 78kg, dan itu perlu waktu 6bulan saja.. beta makan tetep seperti biasa, dengan sampah(junk food) dimana2, tapi karena kesibukan yang bener2 sibuk, dan letak kampus beta yang letaknya di hutan(terpaksa harus jalan kaki) ditambah mikir sana mikir sini(sempet stress) akhirnya menghilang deh tuh lemak2 di badan.

ada cara lebih mudah lagi sey, yaitu: Olahraga teratur(mudah kan? -_-")

Livia "Lily" Meilani said...

@dinar : bukan diet, tp gaya hidup sehat hahahaha, ingat, turun berat badan adalah bonus wehehehehe. Bagus kan jd ngga sering2 mnt bekel org haha.

@vandy : iya kadang mmg org sibuk itu berat badan jd suka turun.. Tp aku kan tujuan utamanya mmg hidup sehat, turun berat badan, spt yg udh dibilang adalah bonusss :)