May 5, 2011

KONSTIPASI --- tidaaaaaakkkkrrgghh

Postingan kali ini mungkin rada tidak elit. Tapi aku ingin sekali berbagi buat kalian (ceileh), apalagi buat kawan-kawan yang mengalami masalah serupa. So guys, this is the story!

Semenjak kepulanganku dari Amerika bulan Juli 2010 lalu, aku mengalami sedikit problem dengan tubuhku sendiri. Yap, I gained a lot of weight, siklus menstruasi menjadi tidak teratur (bisa dua bahkan 3 bulan sekali), dan salah satu masalah yang paling mengganggu, aku jadi susah pup, bahasa kerennya, konstipasi.

Penyebabnya apa ya? Mungkin karena makanan? Cuaca? Iklim? I don't know the exact reason, tapi intinya gitulah. Padahal aku ini penyuka sayur, dibanding daging, aku lebih suka lauk sayuran. Meskipun aku akui, aku agak jarang makan buah, alasannya sih gampang, jarang tersedia buah di rumah, dan aku males beli sendiri. Padahal sih aku doyan-doyan aja makan buah, dan kalo ada di depan mata ya aku embat aja.

Oh iya sekarang berat badanku udah mayan berkurang, sekarang aku 52 kilo (well pas pulang, berat badanku sekitar 58-60 kilo!), dan setelah sekitar setengah tahun di Indonesia lagi akhirnya siklus bulananku juga udah lancar, tapi masalah konstipasi masih saja menghantui!

Kadang-kadang aku pup 4 hari sekali, bakan seminggu sekali juga pernah. Aku merasa sangat tersiksa! (Oh oh nooo). Teman-temanku juga merasa prihatin dengan keadaanku ini (wkwk kaya apaan aja bahasanya). Kadang kalo baru dua hari dan aku udah pup, aku merasa sangat bahagia (lebay, tapi betulan sih), saking bahagianya aku umumkan di kelas (hahaha serius), dan juga langsung sms teman-teman (sekali lagi ini se-ri-us).

Awal-awalnya, aku mencoba obat pencahar untuk mengatasi masalahku ini. Sebutlah segala merk, mulai dari veg*ta herbal, laxi*g, sampe dulc*lax udah aku coba semua. Memang sih obat-obat ini efektif, aku jadi mules dan ngga kuat pengen pup, tapi setela mengkonsumsi obat-obat ini dalam jangka waktu lebih dari 3 hari, obatnya jadi ngga terlalu efektif lagi. Kalo awal-awal malem sebelum tidur mengkonsumsi obatnya, pagi-pagi bangun dijamin udah mules dan pengen ke belakang. Tapi kalo udah lebih dari 3 hari, kadang-kadang kita konsumsi sebelum tidur, besok siangnya bahkan besoknya kita baru mules. Hal ini sungguh tidak menyenangkan! Bayangkan, kadang di sekolah pas pelajaran penting (oke ga penting juga sih), tiba-tiba aku mules, dan susah mau izin ke belakangnya. Sungguh menyiksa.

Lalu gimana dooong? Aku juga udah coba makan yoghurt pagi-pagi, tapi ngga terlalu ngaru juga. Aku bela-belain makan pepaya juga (aku ga doyan pepaya soalnya), ternyata kalo ngga teratur susah juga keluarnya. Hnngggg...

Tapi akhirnya malam kemaren, aku putuskan hal ini tidak bisa berlangsung lebih lama lagi. Aku sudah cukup tersiksa selama hampir setahun begini terus. So, malem tadi aku ke warung beli pisang (tadinya mau beli pepaya, tapi di warung pepaya nya ngga menggairahkan), dan sebelum tidur tadi malem aku makan 2 biji pisang. Lalu siang tadi sekitar jam 2 abis mandi (oke aku bangun siang), ngga tanggung-tanggung, makan siangku kuganti pake pisang, aku makan 5 biji. Dan you know what, ngga sampe setengah jam, aku udah mules, dan barusan sebelum nulis postingan ini aku pup!

Maka mulai sekarang aku berjanji, aku akan makan banyak buah terutama pisang dan pepaya!

Let's say no to konstipasi!

No comments: