May 3, 2011

Seleksi AFS - Pengalaman dan Sedikit Saran :)

Heiho. Hari Minggu kemaren, tanggal 1 Mei, aku bantu-bantu ngawas seleksi AFS di chapter Bandung. Yap, meskipun aku returnee AFS kelulusan dari chapter Jakarta, aku ternyata lebih merasa klop main di Bandung, jadi aku gabung bantu-bantu di Bandung.

Tes kemaren berlangsung di SMAN 3 dan 5 Bandung, aku dateng-dateng aja udah nyasar -__- untungnya diselamatkan sama neng Fatima. Aku bertugas ngawas di ruangan 27 yang ada di kelas X-A di SMAN 5 Bandung.

Ngawas tes AFS ternyata bikin ngantuk juga, di tes kedua (Bahasa Inggris) aku malah sempet ketiduran, hahaha. Tapi overall asik kok, ketemu temen-temen juga, jadi aku sih seneng-seneng aja :)



Ini kali pertama aku bantu ngawas seleksi AFS, sebelumnya udah pernah bantu dikit-dikit di seleksi YES (yang khusus keberangkatan ke Amerika), dan di sini aku juga baru tau format dan cara penilaiannya. So buat yang berminat banget sama program AFS ini, bolehlah dikit-dikit disimak :)

Untuk tes pertama, yaitu : Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, sama Mengarang Esai Bahasa Indonesia.
Bagian yang bener-bener harus kalian kencengin adalah Mengarang Esai nya. Serius deh, bobotnya lebih gede. Dan karena yang meriksa esai itu orangnya banyak, jadi tergantung hoki kalian juga, karena ada orang yang pelit nilai, ada yang dermawan nilai, jadi tergantung. Tapi intinya, kalo karangan kalian bagus, nilai kalian juga pasti bagus. Kalo yang pengetahuan umum sama bahasa inggris sih, ya diitung juga, jadi kalo kalian mau kenceng-kencengin juga, ya silakan. Pengetahuan umum berkaitan sama isu dan tren global, kalo bahasa inggrisnya, tenang sih, kalo kataku ngga susah-susah banget...

Kalo kalian lolos, maka kalian masuk ke tes kedua yaitu : Interview Bahasa Indonesia dan Interview Bahasa Inggris.
Teknisnya, kalian bakal diwawancara 2 kali, sama orang-orang yang juga berbeda. Jadi bahasan yang dibahas juga beda. Kalo kalian bingung kalian bakalan diwawancara soal apaan, so at the beginning kalia bakal disuruh memperkenalkan dan menjelaskan tentang diri kalian (baik bahasa indonesia maupun inggris). Jadi contohnya, aku memperkenalkan diri gini :
"Nama saya Livia Meilani, biasa dipanggil Lily. Saya sekolah di SMA 61 Jakarta. Hobi saya adalah menggambar."
Maka bahasan yang akan dibahas lebih lanjut kemungkinan besar adalah soal hobi saya tersebut. Tapi tidak tertutup kemungkinan kalian juga bakalan ditanya, kalian mau ke negara mana, dan negara yang kalian sebut itu yang akan jadi topik utamanya. Kalo ditanya gampang atau ngga, itu juga tergantung interviewee nya, ada yang jinak, ada juga yang rada ganas nanyanya, untungnya dulu pas bagian aku yang nanya baik-baik, hehehe.  Jadi ya emang, based on your luck juga.
Soal interview bahasa inggris, jangan takut. Dulu juga aku gabisa bahasa inggris lancar dan pas ditanya jawabnya terbata-bata. Yang penting kalian percaya diri aja, terus mikirnya jangan kelamaan, mendingan basa-basi aja deh kalo ngga tau jawabannya, yang penting jangan diem. Biasa yang interview bahasa inggris orangnya lebih jinak kok. Oh iya, di beberapa chapter (misalnya di Bandung), selain interview, ada juga tambahan yakni tes bakat. Jadi yang punya bakat main biola, nyanyi, dakwah, dll bisa mempertunjukan keahliannya.

Nah kalo lolos lagi seleksi kedua, maka kalian melaju ke seleksi ketiga, yakni : Dinamika Kelompok.
Di sini kalian akan dipasangkan dalam sebuah grup secara random. Nanti kalian akan disuruh masuk ke sebuah ruangan, dikelilingi para juri dan pengamat, kalian bakalan duduk di tengah-tengah. Nanti akan disediakan bahan-bahan kerajinan, misalnya stik es krim, kertas warna, dll. Kalian secara berkelompok harus berembuk, dan dengan waktu yang disediakan, kalian harus menghasilkan karya dan mempresentasikannya di depan para juri.
Oke saran dari aku, berusahalah aktif, jadi ikutan ngomong, karena ini saatnya kalian unjuk gigi. Tapi please, jangan over, itu keliatannya kalian bakalan kayak orang yang maruk dan serakah.

Nah kalo kalian lolos, bakalan ada tes keempat. Tapi seleksi keempat ini, kalian ngga ngapa2in. Nilai kalian selama 3 seleksi ke belakang akan diakumulasi, dan diranking se-Indonesia. Nanti kalo lulus, kalian bakal dinyatakan sebagai kandidat AFS :) Nanti dari kandidat AFS ini, sebagian besar akan dilarikan ke program YES (yang td aku sebutkan diberangkatkannya hanya ke Amerika), tapi untuk program YES ini, bakalan ada tes lagi. Tes atau seleksi nya nginep di Jakarta (buat seluruh chapter se-Indonesia), seleksinya juga mirip sama seleksi AFS yang tadi itu.

Nah, tentunya perlu persiapan yang matang ya, tapi yang tidak kalah pentingnya, kalian juga butuh keberuntungan. Karena ada orang yang udah lolos seleksi dan dinyatakan sebagai kandidat, tapi ternyata dia ngga dapet host family, gagal berangkat deh :( Banyak juga loh cerita kayak gitu... Tapi intinya, kalo kalian mau pasti ada jalan :) Jadi keep fighting aja!

Sekian info dariku, semoga bermanfaat yaa... Kalo ada yang ditanyain silakan ditanyakan :) Adios!

6 comments:

Anonymous said...

thanks for ur tips!

ryannisatr said...

kalo gak dapet host family beneran gak jadi berangkat? :0
gak ada dikasih solusi, gitu?

rara said...

Thaaanks a lot:D

Vinta Suci Ramadhini said...

thankyou so much for ur tips!:3 wish me luck this year:')

Unknown said...

kak kalau test bahasa inggris tu susah nggak kak??

Unknown said...
This comment has been removed by the author.