December 26, 2012

Masker, masker, masker!

Oke kali ini aku mau berbagi sedikit tentang salah satu kegiatan menyenangkan yang aku lakukan di musim liburan ini yaitu, maskeran. Masker di sini bukan masker yang dipake buat naik motor biar ngga ngisep asap itu loh ya, masker di sini maksudnya yang dioles-oles di muka biar muka jadi kinclong hahaha. Aku sebenernya cukup memperhatikan masalah muka, make up, dan perawatan, bukan kecentilan atau apa sih, tapi kalau muka kita kinclong dan enak diliat yang seneng kan yang ngeliat juga. Tapi berhubung aku ini mahasiswa yang biasa-biasa aja, makanya maskeran nya juga ngga pake produk aneh-aneh yang mahal-mahal, semua pake bahan-bahan murah yang bisa didapat di warung sama di pasar. Eh tapi jangan salah, biarpun bahan-bahan yang aku pake relatif murah, tapi hasilnya cukup membahagiakan loh! Apalagi bahan yang dipakai kan alami, jadi ngga ada efek samping yang berarti buat kulit kita juga. Aku mencoba beberapa ramuan selama liburan ini, yuk mari disimak :)

1. Kopi dan Susu
Sounds yummy yah kopi susu? Etts tapi selain enak buat diminum hangat-hangat di musim ujan gini, campuran kopi dan sedikit susu ternyata juga memberikan hasil yang oke punya nih buat muka. Kalau dari yang aku baca, kopi ini berfungsi sebagai scrub alami, terus kafein bikin kulit kita jadi halus, dan katanya juga bisa ngilangin noda bekas jerawat atau flek hitam, sementara susu, ya seperti yang kita tau banyak banget produk kecantikan yang menggunakan susu, soalnya bisa menutrisi dan katanya memutihkan kulit. Kadang aku ngga pake susu tapi pake putih telur buat ngeganti susu karena putih telur kaya protein, jadi bagus buat regenerasi kulit dan mengecilkan pori-pori.
Kopi yang dipakai bisa kopi apa aja, malah kadang aku pakai kopi sachet biasa yang dijual di warung, tapi kadang aku juga mencoba beberapa jenis kopi lain (misalnya robusta atau arabika) yang memberikan sensasi keharumannya beda-beda dan efeknya relaxing banget! Untuk susu, kadang aku pake susu cair hangat, atau kalau mau efek yang lebih soothing, aku pake susu cair dingin biar kulit jadi adem.
Selain dijadikan masker, aku juga sering menggunakan ramuan ini buat dijadikan lulur badan, jadi biasanya sekalian maskeran sekalian luluran juga hehe. Dan dijamin, habis dibilas, kulit langsung kerasa banget perbedaannya :)

2. Kuning Telur dan Gula
Selanjutnya ramuan lain yang ngga kalah gampang untuk dibuat yaitu ramuan masker kuning telur dan gula. Kuning telur ini katanya berkhasiat melembapkan dan menghaluskan kulit wajah, sementara gula adalah salah satu scrub alami yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Oh iya menurut sumber berita, katanya Kim Kardashian selalu menambahkan satu sendok makan gula pasir ke sabun mandinya untuk membantu eksfoliasi kulit, terbukti kulitnya selalu terlihat berkilau dan cantik. Jadi ramuan ini sangat reccomended sekali buat dicoba :)
Caranya gampang, tingga pisahkan kuning telur dengan putihnya, lalu dicampur gula dan dikocok sampai berbusa. Oleskan di wajah dan leher menggunakan brush untuk foundation (kalau ngga ada bisa pake kuas wajah atau pakai tangan juga bisa), lalu ditunggu sekitar 15 menit sampai wajah terasa kaku lalu dibilas dengan air hangat. Dijamin setelah menggunakan ramuan kuning telur dan gula ini, wajah terasa lebih lembap dan lembut.

3. Oatmeal dan Jeruk Nipis
Nah satu lagi yang baru-baru ini aku coba juga adalah ramuan masker oatmeal dan jeruk nipis. Oatmeal ini selain sehat untuk badan juga ternyata berkhasiat untuk kulit kita loh! Selain bisa untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, oatmeal juga mampu mengatasi iritasi dan kemerahan pada kulit, jadi biasanya kalau aku habis kejemur matahari dan kulit jadi panas terus merah-merah aku pakai masker oatmeal ini untuk menetralisirnya. Nah sementara jeruk nipis dipercaya bisa menyembuhkan jerawat, mencerahkan wajah dan mengecilkan pori-pori.
Cara membuatnya juga gampang, aku biasa mencampurkan oatmeal dengan sedikit air panas sampai matang dan mengental lalu jeruk nipis diperas dan airnya dicampur ke oatmeal yang sudah matang tadi. Langsung aja dioleskan di wajah dan leher lalu ditunggu sampai mengering dan dibilas menggunakan air hangat. 


Nah itu 3 resep masker yang aku coba selama liburan ini. Sebaiknya kalau mau hasil yang optimal, maskeran bisa dilakukan 1-2 kali seminggu, jangan terlalu setiap hari juga yah haha. Terus setelah dibilas, waktu mengelap wajah, lakukan dengan cara ditepuk-tepuk, jangan digosok, dan setelahnya bisa dioleskan moisturizer favorit Anda. Sebenarnya masih banyak banget ramuan-ramuan dan variasi campuran yang bisa dibuat untuk masker alami ini, nanti kalau aku mencoba resep baru, bakal aku share lagi yaa...

Sekian!
xoxo

Lily

1 comment:

gerhana nurfarahhim said...

lily, thanks a lot <3 ah aku mo nyoba banget yg oatmeal hihi :)