June 23, 2013

Blogging, suka, duka, dan ceritanya

Kalau dihitung-hitung blog ini umurnya udah 4 tahun lebih, tapi sebenernya aku mulai ngeblog beberapa lama sebelum itu. Di seputaran kelas 2 SMA (sekitar 2008), aku memulai blog pertamaku (yang sayangnya blognya sudah dihapus waktu aku membuat blog ini) namanya llpsm.blogspot.com (llpsm : lily loves physics so much; yang tentunya adalah kebohongan publik karena sesungguhnya aku sangat memurkainya). Waktu itu ngeblog isinya curhat-curhat dan galauan anak SMA, alay banget, maklum lah masih muda.

Di pertengahan tahun 2009 (tepatnya bulan Mei), aku memulai blog ini, namanya hell-olily; gabungan antara tokoh favoritku (hello kitty) dan namaku, sementara untuk ejaannya hell(strip)olily dulu diciptakan oleh teman SMP ku, Al-Atiqi, katanya artinya kucing neraka. Tapi aku memakai nama itu bukan berarti menamai blogku 'neraka', aku cuma suka dengan pemenggalan katanya yang unik, dan huruf o disatuin dengan namaku terdengar lucu, olily!

Awal aku ngeblog, langsung ngehips banget di sekolahan, temen-temen pada ikutan bikin dan nulis, rame banget baca tulisan orang yang kita kenal, kadang-kadang kita ngga nyangka 'oh dia bisa nulis kaya gitu!'. Tapi sayangnya kebanyakan teman-temanku (dan juga orang lain) berhenti di awal-awal punya blog, entah karena bosen, merasa ngga ada yang baca, males nulis, dsb. Sayang banget.

Awal punya blog juga mungkin ngga ada yang baca tulisanku. Yaiyalah siapa juga mau baca keseharian ngga seru dari pelajar biasa seperti aku. Tapi waktu aku di Amerika, di sana juga tulisanku mulai diminati, seru kali ya baca cerita orang lain di luar negri. Pas sekitaran tahun 2009-2010 itu juga aku gabung di sebuah forum ngeblog yang dikomandoi Bang Bena (yang sekarang makin ngetop dan mungkin ngga inget lagi sama aku haha) namanya Rumah Blogger. Dulu seru banget sering ngobrol di forum, tukeran link blog, kenalan orang-orang baru, bahkan pas aku udah balik ke Indonesia, aku suka kopi darat sama anak-anak Rumah Blogger. Kita juga suka ke event blogger rame-rame, misalnya dulu ada Pesta Blogger di Jakarta setiap tahunnya, seru banget. Tapi sayang, lama kelamaan Rumah Blogger makin sepi sampe sekarang kayanya udah bubar, acara Pesta Blogger juga udah ngga diadain lagi karena mungkin sekarang orang-orang lebih suka microblogging yang instan-instan seperti twitter atau upload-upload foto di instagram dan pinterest; blog jadi less popular gitu..

Biarpun dunia blog sekarang ngga seramai dulu, aku ngga gitu ninggalin dunia blogging. Menurutku dengan blog, lebih banyak aspirasi dan ide yang bisa kita tuliskan karena tidak ada keterbatasan karakter. Foto atau gambar-gambar juga bisa diupload sebanyak-banyaknya, jadi sebetulnya ngga kalah dengan social media kekinian. Di blog segala info lebih lengkap, kita bisa lebih memahami karakter penulis karena kita ngga hanya membaca segelintir kata-kata tapi paragraf demi paragraf suatu artikel.

Dan ya, walaupun blogku banyaknya isi-isian yang ngga penting, cerita sehari-hari dan kekonyolan hidup aku, asal kita konsisten pasti akan tetap ada yang membaca blog kita.

Sekarang ini, kalau aku membuka arsip-arsip tulisanku yang lama di blog, mungkin aku seringkali bilang "ya ampun dulu aku norak ya nulisnya", "haha tulisan apa nih kok dulu aku aneh banget malu-maluin", tapi tulisan-tulisan "norak" tersebut ngga aku hapus, karena dulu aku dengan kesadaran penuh nulis itu. Hei itu aku dulu kaya gitu loh! Aku jadi bisa keepin track of my life, fase apa aja yang udah aku lalui selama 4 tahun ini tertulis di blog; sama siapa aja aku dekat, hal apa aja yang membuat aku frustasi, cita-cita apa yang aku miliki saat itu, kejadian sedih dan senang apa saja yang kualami...

Terima kasih blog, karena sudah menyimpan cerita-ceritaku :)

2 comments:

Fahrizi Noer Fajar Azman said...

Wah... aku kan bisa kenal kak lily gara- gara rumah blogger.. hahahaha.. jaman masih SMP dulu... hhahaha...

tapi rumah blogger nya udah ga ada :'(

tetep semangat kakk :D

Livia "Lily" Meilani said...

iya kamu juga jangan berhenti menulis blog ya :3