June 29, 2013

Kerja Praktek

Ehh bukan maksudnya aku udah kerja praktek (well harusnya udah sih kalo aku masuk kuliahnya taun 2010), aku mau nulis tentang ini karena teman-teman manisku yang 2010 sedang pada sibuk merasakan yang namanya kerja; aku jadi berangan-angan dan memikirkan taun depan nanti aku kape gimana.

Aku kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain, jurusannya kriya, spesialisasinya keramik. Oke, yang terbayang pasti aku bakalan kape di sebuah studio keramik, yaaa senior-seniorku juga semua pada kape di studio keramik, ada yang di bandung, jakarta, bali, jogja, aussie, tapi intinya di studio keramik, titik.

Aku entah kenapa, ngga pengen kape, bekerja, dan berkarir di studio keramik. Mau sih punya studio, tapi buat iseng doang.

Kemaren-kemaren ini secara random aku kepikiran buat kape di Papermoon Puppet Theatre di Jogja. Haha apaan tuh? Ya sesuai namanya mereka bikin teater boneka, tapi yang asiknya boneka dan settingnya bikin sendiri, ceritanya bikin sendiri, dan pertunjukkannya tanpa kata, jadi bahasanya dari gesture dan bunyi-bunyian ngga jelas, universal banget deh, mau kamu orang Finlandia juga bakalan ngerti nih teater bercerita tentang apa. Mereka ini keren banget, taun lalu dengan bonekanya berhasil tampil keliling Amerika, selain itu mereka juga udah ke negara-negara dan kota-kota lain di Indonesia, keren parah. Tanggal 15 Juni tahun lalu juga aku berkesempatan nonton pas mereka manggung di Bandung, and that was awesome. Yang menguntungkan sih, yang punya Papermoon ini temen baiknya bosku di Tobucil, jadi udah kenal, dan kesempatan keterima kape di sana terbuka lumayan. Yang jadi pertanyaan tinggal, boleh ngga yah aku kape di sana sama dosenku? Haha kan ga ada hubungannya sama keramik..

Lalu kemaren hasil random thinking lagi, aku memikirkan alternatif kape, "Bisa ngga ya aku kape di tempat dkv-dkv yang crafty gitu?" Oke, tempat dkv yang crafty maksud aku adalah studio grafis yang pengerjaannya manualnya lumayan banyak selain dijitalnya, misalnya yang bikin-bikin instalasi mix media pake macem-macem material gitu, atau aku kebayangnya siapa tau aku bisa sumbang-sumbang ide "eh gimana kalo pake rajutan? atau ada yang dijait, atau..atau.." haha ya namanya juga berkhayal kakaq. Aku udah agak nyari-nyari dan masih cuman stuck nemunya Thinking*Room doang dari dulu, ga ada alternatip, pengen sih di sana, tempatnya keliatan kece, tapi.... Okay in fact I really want to go there (alasan? hmm...). Tapi ya masih sama aja, boleh ngga sih aku kape di tempat yang kaya gitu?

Akhirnya berbekal penasaran aku tadi whatsapp si Madam Melinda yang sekarang lagi asek kape di sebuah studio di Jakarta. Aku tanya syarat tempat kape itu gimana, dan baiknya ia menjawab...
"Kasarnya ilmu yang kamu dapet di KP harus bisa jadi bahan TA kamu."
Jawabannya masih random, tapi kan artinya mungkin-mungkin aja aku kape di tempat yang tak terduga asalkan ilmunya masup, ya ngga? Dulu aja ada anak Surabaya jurusan desain interior yang kape di Tobucil dan dia ikutan semua kelas yang ada di sini, asik banget ngga tuh?? Padahal apa hubungannya misalkan ikut kelas merajut sama kuliah dia? Hm. Akupun makin bersemangat mencoba peruntunganku.

Tapi beda dengan di Papermoon yang kayanya sih bisa-bisa aja kape di sana asalkan ngomong jelas dan pasang senyum lebar, kata si Melinda, untuk kape di Thinking*Room agak sulit, mereka cukup selektif memilih yang mau kerja di sana. Mendengar kata selektif ini aku entah kenapa malah jadi tersentil mau coba, siapa tau ada hembusan angin segar di studio para desainer grafis itu dengan menghadirkan seorang crafter hahaha.. Kalo gini ceritanya aku harus bener-bener mengasah skill dan bikin porto yang bagus biar ga malu-maluin, seru juga kayanya :D

Terus tadi siang hasil ngobrol-ngobrol random sama Mas Tampan Destawan Subagyo (yang sesungguhnya baru kenal dan aku juga belum kenal-kenal banget) menghasilkan kemungkinan baru lagi, beliau bersabda,
"Kamu kerja di tempat saya aja."
"Saya mau bikin ah yang semacam Thinking*Room gitu, tapi bukan yang jual jasa kaya mereka, tapi yang ngehasilin produk.."
Aku malah diajak join bikin studio ha ha.

Tapi dari pikiran-pikiran dan obrol-obrolan yang tadi, sepertinya sesungguhnya masa depanku ngga suram-suram amat. Bidang pekerjaan kreatif sangat luas, dan networking juga lumayan sampe ada yang mau ngajak bikin studio.


Ah untung aku jadi anak FSRD.

No comments: