January 29, 2010

dilemma, argh!

Meskipun kalo ngomongin soal kuliah buat Lily masih ada cukup waktu... Tetep aja Lily dilemma sendiri mikirinnya. Berandai-andai kalo diterima, padahal daftar juga belon! Dasar dodol dah...
Oiya kenapa dilemma sendiri ya? Karena itu Lily ingin berbagi dilemma dengan para readerrrs sekalian (:
Karena kebetulan waktu kelas 11 kemaren Lily malesnya ampun-ampunan, jadilah ceritanya Lily pengen ngambil jurusan yang 'aman' alias non-science, sesuai talenta, dan tentunya Lily suka : SENI RUPA.
Akhirnya jatuhlah pilihan untuk memimpikan Disain Komunikasi Visual nya FSRD ITB.
Karena kebetulan mungkin salah-satu talenta Lily yang paling menonjol (ngga juga sih), adalah ngurek-ngurek kertas, poto-poto gajebo, dan buang-buang waktu di depan photoshop. Jadi tak aneh dan tak ayal kalo Lily bermimpi menjadi sarjana seni.
Oke nah sekarang balik ke masa kelas 10, yang ceritanya Lily masih rajin, masih bingung hati, apakah mengambil jurusan yang mudah atau yang sulit tapi keren. Nah Lily yang termotivasi untuk nyangsang ke Jepang pun asik sekali menggali informasi tentang beasiswa ke Jepang. Akhirnya saat itu Lily menemukan beasiswa ke Jepang yang oke punya : MONBUKAGAKUSHO (MEXT).
Nah beasiswa ini oke banget, tapi kayanya kemungkinannya cukup kecil, karena dijamin peminatnya buanyak. Nah sayangnya satu lagi, di beasiswa ini ngga ada program seni rupa, sehingga kalo iya mau ke beasiswa ini, Lily harus ngambil jurusan yang lain...
Nah untuk jurusan IPA (karena LIly anak IPA-IPAan), ada 3 pembagian, IPA-a, IPA-b, dan IPA-c.
IPA-a, soal ujiannya Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
pilihan jurusannya macam teknik, arsitektur dan semacamnya.
IPA-b, soal ujiannya Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi
pilihan jurusannya semacam agrikultur, nursing, animal science, dan kawan-kawannya
IPA-c, soal ujiannya Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi
pilihan jurusannya kedokteran dan kedokteran gigi.
Nah kalo Lily suruh milih, pastilah dieliminasi duluan yang ada unsur FISIKA nya, sehingga, bye-bye IPA-a! Oke sekarang pilihannya tingga b sama c, oke IPA-b Lily sama sekali ngga tertarik, sehingga kalo disuruh memilih, pilihan Lily jatuh pada IPA-c -- Kedokteran Gigi...
Oke kayanya sok kepedean banget orang kaya Lily mau daftar kedokteran, di UI aja wallahua'lam, apalagi di jepang sana? Tapi kan siapa tau aja, lagian Lily juga ngga bego-bego amat yegak? Cuman akhir kelas 11 doang kok Lily begonya.
Oke nah sekarang apa yang menjadikan ini DILEMMA?
Nah ceritanya pasti kan Lily daftar dua-duanya. Masalahnya, kalo kuliah di ITB dimulai sekitar agustus, sementara monbukagakusho pengumumannya juga baru januari taun depannya. Tegakah Lily membuang keasyikkan bermain bersama seni demi mimpi selama 5 tahun belakangan ini untuk sekolah di jepang? Masalah lain lagi, Lily kalo kuliah di ITB, pastinya akan melamar beasiswa, nah kalo seandainya Lily dapet beasiswa di ITB, terus tiba-tiba dapet juga di Monbukagakusho, apa gak sakit hati org yang ngasih beasiswa kalo tiba-tiba Lily bilang 'stop, saya mau ke jepang aje'.
Nahloh bingungkan...
FSRD ITB, Lily memang berhasrat besar dalam dunia seni ini, kalo bisa dibilang 'cinta abadi' my passion, my desire untuk mainan sama dunia seni grafis dan fotografi.
MONBUKAGAKUSHO, kalo yang ini emang cita-cita Lily, mimpi Lily dari masa kecil untuk bisa sekolah dan pergi ke jepang. Karena tidak kesampaian dengan program AFS (malah nyangsang ke amerike -_-), jadilah hasrat Lily besar sekali untuk dapat mengunjungi negri sakura.
Jadi apa yang harus kulakukan kawan?
Setiap hari Lily kerjaannya nongkrongin situs beasiswanya ITB sama situs persyaratannya monbukagakusho, tapi masih setres menentukan pilihan...
Haruskah aku mengorbankan setahun hanya berharap ke monbukagakusho alias ngga daftar FSRD dulu? (ceritanya kalo keterima monbu kan langsung sikat, kalo ngga keterima entar tahun depannya baru berjuang buat FSRD), tapi kalo dipikir-pikir, aku udah behind everybody one step gara-gara program AFS ini... Apakah aku rela jadi two steps behind?
ah, dilemma dilemma, kasih saran dong!

1 comment:

Lifesterz said...

sama kayak aku.. saya jg lagi dilemma.. ==" tapi mending ikut yang di Jepang aja.. kayaknya lebih keren gitu deh!! :siul.siul: