October 17, 2010

Bhinneka Tunggal Ika, Unite in Diversity

Ragam warna dan corak,
Sejauh mata memandang.
Ah silau,
Aku terpesona dengan kemilaunya.


Keragaman yang kita punya,
Kan kujaga, dan kubanggakan.
Agar seluruh dunia tau,
Indonesia, negeri sejuta budaya

Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika memang tidak dapat dipisahkan. Semboyan yang dicengkram kokoh lambang negara kita itu, menunjukan keragaman yang kita punya menopang kekuatan negara kita, Indonesia.
garuda

Hmm, seharusnya sih begitu, tetapi kenapa masih ada aja ya orang-orang yang suka berperang sesama saudara? Jangankan sesama orang Indonesia, sama orang negara lain aja, harusnya yang namanya perang itu ngga boleh loh! Kita semua manusia kan bersaudara! Sama-samaunya idung, punya mata, dan yang terpenting, punya hati... (Paling yang membedakan ya nasibnya aja, hehehe). Menurutku yang namanya keragaman itu hal yang indah! Dengan keragaman, hidup jadi berwarna dan ngga membosankan :)

Aku punya cerita, waktu kecil, aku suka sedih kalo ada orang yang ngatain aku 'cina', ya karena mataku yang sipit ini (selain memang aku ada sedikit turunan cina). Aku suka sebel dengan mataku ini, pengen rasanya punya mata besar seperti temen-temenku yang lain. Tapi setelah aku makin besar dan beranjak dewasa (cieh), aku menikmati perbedaan yang aku punya. Karena kita berbeda, maka kita spesial, dan tidak ada orang di dunia ini yang sama persis dengan siapa pun, karena itu kita semua di dunia ini spesial, setidaknya untuk diri kita sendiri dan orang-orang di sekeliling kita yang sayang sama kita :)

Aku punya pengalaman yang berharga tentang sebuah keragaman.Tahun lalu, aku mendapat kehormatan menjadi salah satu duta Indonesia dalam sebuah program pertukaran pelajar, wah rasanya senang sekali, bisa membawa nama harum Indonesia ke Amerika Serikat! Dan Amerika Serikat, sama seperti Indonesia, memiliki keragaman yang sangat kaya! Ada orang latin, asian-american, african-american, dan banyak lagi :) Aku juga mendapat kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman sesama murid pertukaran pelajar dari seluruh penjuru dunia!
exchange
Aku dan murid-murid pertukaran pelajar dari seluruh dunia!

Aku jadi tambah ngerti, apa sih keragaman itu, mulai dari bahasa yang berbeda-beda, penampilan, dan gaya hidup, tapi kunci dari itu semua adalah toleransi dan rasa saling pengertian. Karena waktu aku di sana, aku belajar bahwa orang itu bener-bener bermacam-macam! Ada mungkin budaya yang ngga pernah kita denger, dan kita ngerasa aneh, tapi percaya deh semua itu tuh bikin hidup tambah kaya dan bermakna :)

So, sudah semestinya keragaman itu kita rayakan! Caranya? Wah bermacam-macam :) Seperti contohnya, buat kalian yang juga para blogger, bisa ikutan kopi darat blogger besar-besaran si Indonesia (Pesta Blogger 2010), yang bakal diadain 30 Oktober 2010 besok :D Ngga sabar deh pengen ikutan! Di sana bakalan banyak banget blogger dari seluruh Indonesia, wah, bener-bener sesuai dengan temanya, "Merayakan Keragaman"...

The best thing that happen in my life is, I could born as an Indonesian, and I hope I'll be an Indonesian till I die. I am a proud Indonesian, and I'm going to make Indonesia a better place to live in! Mari bersama membangun Indonesia, ciptakan perdamaian dan kerukunan, karena kita semua bersaudara! Bhinneka Tunggal Ika, Unite in Diversity! Mari Rayakan Keragaman!

2 comments:

Theresia cindasari said...

halloo kak lilyy.. tadi kita udah ketemu ya di pesta blogger.. makasih ya uda foto barenggg..ehhee..ak setujuu sama artikelnya..kita harus tetep satu walaupun kita beda agama,suku, ras dll.. :)

Livia "Lily" Meilani said...

haha jangan panggil kak juga :p aku masih 18 loooh...
nice to meet you!