March 10, 2011

Happy Birthday Locomostrip!

Tulisan ini didedikasikan untuk locomostrip dan authornya yang sangat saya kagumi :)
(oke bun dilarang ge-er sebelumnya)

Yap, hari ini, tepat tanggal 10 Maret, adakah yang tahu hari apa ini? (hari kamis, semua jg tau -,-), by the way, maksudnya bukan 'hari kamisnya', tapi ada 'momen spesial' apakah hari ini?

Okay sorry, I'm pretty bad making a spoiler (jelas-jelas ditulis di judul ya -,-), hari ini adalah ulang tahun pertama locomostrip! (Lagi imut-imutnya nih setaun hahaha) Jadi, saya mau mengucapkaaaaan...
Photobucket
Gif image by me :)



Oke jangan ada yang bilang kalian masih ada yang belom tau locomostrip? Okelah sekalian berbagi info buat semuanya, biar aku jelasin lebih jauh tentang locomostrip, biarpun sebelumnya aku udah pernah bahas tentang locomostrip di sini.

Locomostrip itu adalah sebuah situs (atau website? atau apalah intinya itu) buatan teman saya, M. Ibnu Lukman, yang isinya adalah komik-komik strip buatan dia (mostly 3 columns comic, some of 'em are special) (10000% handmade). Dulu sih waktu awal-awal aku baca dan mampir ke locomostrip, si Ibun ini (oke panggilan akrab si author adalah 'Ibun') masih belom terlalu sibuk kayaknya, jadi tiap hari diap upload tuh komik karangannya. Tapi sekarang ini, mungkin karena doi sibuk (atau mentok ide? *damai bun, hehe*), komiknya hanya terbit setiap senin, rabu, dan jumat. Tapi tetep ajaaaa, 3 kali dalam seminggu is more than enough to make us love his comics! Dengan tokoh utama si kriting dan si botak (yang tidak diberi nama) ini, Ibun berhasil memikat banyak penggemar (including me of course) dengan kesederhanaan cerita dan teknik menggambar yang sangat unik! (wiw wiw, jangan ge er kau, Bun!) *makanya yang belom pernah mampir ke locomostrip, buruan giiih mampir!

Okelah, mari saya perkenalkan bagaimana awalna saya bisa nyasar ke locomostrip.

Waktu itu di siang yang adem waktu saya masih terpontang-panting di negeri paman sam... Lagi bosen banget karena art assignment dari art class saya udah beres, jadi aja ngga ada kerjaan. Aku iseng browsing internet, dan daftar ke sebuah forum blogger (rumah blogger.red). Di salah satu thread di situ, aku menemukan link ke Locomostrip. Berbekal keisengan semata, akupun melompat (oke bukan lompat, tp ngeklik) ke websitenya Locomostrip. Waktu itu April 2010, jadi Locomostrip sendiri masih baru banget :)

Pertama kali ngeliat Locomostrip, aku yang ngeliat gambarnya Ibun yang sederhana ini berpikiran,
"Wah ini lucu juga, tapi kayanya gambarnya gampang, mau coba bikin aaaahhh..."
Tapi setelah menjajal bikin, ternyata kok susah -,- (oh tidak turun harga diriku!). Setelah itulah aku mengakui kalo Ibun ini emang...... hebat (awas ge er nih orang).
Semenjak itu aku jadi penggemar setia Locomostrip, dan jangan heran, aku udah baca semua komik (oke sampai hari ini ada 200 komik) di Locomostrip. Berbekal kekaguman, aku pengen kenal aja, jadi aku add facebook nya, pengen liat si pengarang kaya apaan sih mukanya.

Setelah iseng nge add facebook Ibun, aku yang waktu itu kalo online facebook pasti di sekolah dan siang-siang (oke kalo di Indonesia berarti ya tengah malem), tanpa sengaja (atau sengaja? hanya Ibun yang tau hahaha), diajak chat sama Ibun ini via facebook (fyi : Ibun ini kalong). Pembicaraan pun simple, nothing important, hanya sekedar kenalan. Untungnya Ibun tidak sombong walaupun namanya sudah mulai populer (oke dia punya obsesi populer, hahaha) di dunia maya. Kamipun berteman :)

Oh iya satu hal yang waktu itu aku kaget, ternyata dia ini adiknya salah seorang blogger favorit saya yang menurut saya.. cantik... Namanya Teh Dita. (kaget sumpah Bun waktu baru tau hahaha).

Aku mulai mengenal Ibun lebih jauh (jyailaah kaya apaan aja, maksudnya di sini lebih 'kenal', dilarang berpikiran macam-macam!) setelah aku balik ke Indonesia pada bulan Juli 2010 kemarin. Gara-garanya? Ada deh rahasia, tanya aja sama Ibun kalo mau hahaha. Terus ya abis kenal Ibun lebih 'dalam' (duh susah banget sih menemukan kata yang lebih casual dari ini), ternyata ya aku (dengan berat hati aku mengatakan) nge-fans sama Ibun. Orangnya kreatif, dan punya ambisi, tapi juga ngga cuman bermimpi, tapi diwujudkan. Dan aku bercita-cita setelah ngga sibuk dengan sekolah ini, aku juga akan melakukan gebrakan seperti yang Ibun lakukan :) *liat aja nanti Bun!*

Eh ini ngomongin Ibun apa Locomostrip sih? Duh jadi ngelantur, hahaha, maklum lah, Ibun dan Locomostrip kan bagaikan kopi dan susu, tak dapat dipisahkan! Hahaha.

Ngomong-ngomong, dari dulu sampe sekarang, ada 1 komik di Locomostrip yang ngga pernah tergeserkan di hati saya. Kata-katanya 'ngena' dan 'bisa' banget menurut saya. Komiknya adalah yang iniiiii :
#32 Free from Life, April 10, 2010
Free from Life, gatau kenapa ya komik yang ini tuh 'bisa banget menurut aku?' Padahal di komik yang ini ngga ada tokoh si kriting maupun si botak nya loh... Cuma dari komik ini, menurutku banyak banget pelajaran yang bisa diambil, meskipun gambarnya simple dan cuman 3 kotak.
Kadang-kadang orang membutuhkan kebebasan, tapi kebebasan ada batasnya, kalo terlalu bebas, kita bisa terjerumus, hancur, bahkan mati seperti ikan di komik Ibun ini.
Tapi meskipun begitu, menurutku, kebebasan juga adalah hal yang perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya loh! Kebebasan berekspresi, berkarya, dan mengejar impian kita :) Mumpung masih muda, hehehe. Jadi intinya ya pinter-pinter kita aja dalam mengatur hidup kita :)

Satu lagi komik yang aku suka...
#8 Your Wish is my Command, March 17, 2010
Beda sama komik tadi yang membawaku 'berfilosofi', komik yang ini simple makes me going like 'aaaaah'! I don't know how to say it, it isn't funny, just 'right'. Gatau, aku suka aja dengan humornya (eh bukan humor juga sih, apa ya... haha).

Ya itulah 2 komik di Locomostrip favoritku. Dan aku ngga mau nunggu-nunggu untuk nerbitin postingan ini, karena besok udah bukan ultah Locomostrip! I have to make it special in an exact date! Hohoho.
Aku juga pengen banget nyumbang komik di Locomostrip (bisa loooh, caranya tinggal email-in aja ke Ibun), tapi sekarang-sekarang ini akunya lagi sibuk... *janji Bun kalo udah ngga sibuk aku bikinin komik buat Ibun :)*

So buat kalian yang juga penggemar Locomostrip, mari dukung Ibun! Aku jamin dalam kurun beberapa waktu ke depan, Ibun bakalan semakin top, bahkan mungkin bisa setenar orang-orang lain yang ngetop lewat internet, and promise me, at that time, you will still be my good friend :)

And yeah, this is Ibun!

Semoga di ultah Locomostrip yang pertama ini, membawa Ibun menuju jenjang kesuksesan yang selanjutnya. Semoga kuliahnya juga lancar dan cepet lulus ya, Bun :) Bravo Ibun! Bravo Locomostrip!


Regards




Lily
Penggemar setia Locomostrip
April 2010 - Masa yang akan datang







ps: Jangan ada kkn di antara kita berdua ya, wakakaka, penilaian jangan subjektif, tapi lihatlah dari mutu tulisanku (yang tidak bermutu) ini, hahaha, peace :D

No comments: