October 10, 2011

Bule Ajaib dan Koil

Aku mau cerita pengalamanku hari Minggu kemaren, yang mungkin merupakan hari teraneh yang pernah aku lewati. Pagi-pagi jam setengah enam aku udah nongkrong di McD simpang dago soalnya mau jualan di car free day buat danus wisuda FSRD. Aku dan teman-teman jualan pol-polan di cfd sambil teriak-teriak. Nah pas jam 10 pas cfd nya udahan kita masih ada jualan yang nyisa, ada yoghurt sama kue-kue gitu, akhirnya kita ke ITB dan bermaksud menjajakannya di kampus tercinta.

Singkat cerita, tibalah di ITB, kita dengan PD nawarin setiap orang yang lewat, tak kenal senior maupun teman seangkatan, yang penting sikat aja langsung. Dan pas lagi cari mangsa, lewatlah seorang bule, kita dengan membabi buta menghampirinya dan mempromosikan dagangan kami dengan bahasa inggris. Tapi ternyata si bule bisa bahasa indonesia, dan dia beli yoghurt sama bolen. Tiba-tiba pas kita mau lanjutin jualan dia ngomong,
"Boleh ikutan jualan ngga?"

Lalu demi menaikan pamor, tentu saja kita jawab "Boleh!" dengan semangat. Yap dibantu sang bule yang bernama Andy ini, kamipun dengan sukses menjajakan dagangan kami. Andy ini adalah seorang warganegara amerika, jadi aku bisa ngobrol banyak tentang amerika (hohoho), bedanya dulu aku di Arkansas, kalo Andy ini aslinya dari negara bagian Kansas (ya mirip lah ya). Hebatnya si Andy jago banget bahasa indonesia, bahkan bisa sedikit-sedikit bahasa sunda dan pengucapannya bagus banget, kaget pas dia bilang dia baru 2 bulan di Indonesia. Selidik punya selidik, Andy ini dapet beasiswa dari pemerintah Amerika buat S2 di ITB, Andy ambil jurusan matematika (wah pinter ya), tapi sekarang belum terdaftar secara resmi, katanya mungkin semester depan, jadi sekarang dia cuman ikut kelas secara ilegal haha.

Abis jualan, jam 1 siang aku ada latihan gamelan, dan ternyata si Andy ini pengen ikutan, yaudahlah aku bawa. Waktu disuruh coba main, ternyata dia udah bagus banget mainnya, taunya dulu di Amerika dia udah 2 taun main gamelan bali -___-. Yang kerennya lagi, dia suka banget musik dan bisa memainkan hampir semua alat musik mulai dari gitar sampe kontra bass. Dia juga suka segala jenis musik, sampe-sampe keroncong, dangdut, lagu-lagu indonesia yang ngetrend saat ini, band-band indie indonesia, sampe lagu Ayu Tingting pun hafal. Luar biasa, kaget aku dengernya, ada ya yang kaya gini ckckck...

Aku tanya dia, dimana belajar bahasa indonesia, soalnya kan aneh gitu, bahasa indonesia kan ngga famous, kok dia bisa tertarik dan bisa belajar. Ternyata dia belajar sendiri (gila hebat banget ga sih), katanya dulu pertama dia denger lagunya Garasi, dan lagu itu diartiin kata perkata sampe akhirnya dia ngerti kalimat dan keseluruhan isi lagu! Dia belajar bahasa dari lagu, itu katanya, setelah dari lagu-lagu, dia mulai baca buku tentang Indonesia dan akhirnya memutuskan beli novel berbahasa indonesia dari internet, yaitu Laskar Pelangi. Sama kaya lagu, dia artiin kata-kata yang dia ngga ngerti, katanya dari novel itu dia belajar sekitar 4000 kosa kata baru (anjriiiiiit). Dia juga mulai chatting sama orang-orang indonesia secara random, dan dia bilang dia udah punya temen sebelum dateng ke Indonesia, jadi pas dia dateng ke Indonesia udah ada yang jemput gitu di bandara (waaaah). Dan kalo kalian mikir kalo bule bahasa nya pasti baku, jangan heran kalo si Andy ngomong ini, bahasa gaul juga dia udah bisa... Istilah sunda, dan slang indonesia juga dia bisa, luar biasaaaaa... Orang sarapannya aja dengerin lagu sunda kok -__- (kita aja ga pernah ya).

Setelah gamelanan, kita makan, dan kita baru tau kalo Andy ini seorang vegetarian, jadi dia makan nasi goreng polos gitu (mana enak ya). Ternyata dia baru sembuh dari diare gara-gara makan lotek (sejenis gado-gado), tapi bukannya malah kapok dia malah bilang "Harus latihan makan bakteri biar perutnya kuat." hahahaha Andy Andy aneh banget, dasar bule perutnya higienis. Abis itu karena euweuh gawe, kita mau jalan-jalan, tadinya mau ke Ciwalk liat SM*SH (oiya dia juga tau smash loh), tapi karena disangkanya udahan smashnya, akhirnya kita ke Kikckfest aja (padahal gatau band yang lagi manggung apaan haha). Alhasil kita ke kickfest... Dan ternyata yang manggung adalah Koil. Okedeh aku nggatau apa Koil itu, dan aku baru tau kemaren kalo Koil ini nyanyiin lagu-lagu keras, kayak lagu-lagu underground gitu mungkin? (maaf aku kurang tau), tapi karena udah tanggung dateng, kita sok-sok aja deh, dan berbekal keahlian si Andy, kita bisa menyeruak barisan lautan manusia dan sampe ke tempat yang deket banget panggung! Kita sok sok aja lumpat-lumpat sampe headbanging, padahal aku ke pensi aja ngga pernah, nah ini sekali-kalinya ke tempat gituan nontonnya band metal, huahahahaha.

Abis dari kickfest kita pulang, Andy balik ke kosan nya di Cisitu, dan kita janji bakalan nongkrong bareng lagi, dan dia pengen banget karaoke, katanya pengen belajar joget, hahaha. Oh iya fyi, Andy ini umurnya 26, aku 19, tapi serasa seumuran aja, kaya selisih 7 tahun itu bukan penghalang buat ngobrol, jarang ada orang yang se-easy-going ini, apalagi bule ya... Dia mungkin bule Amerika terpintar yang pernah aku ajak ngobrol, soalnya selama setahun kemaren di Amerika, ngga ada yang wawasan nya seluas dia (ngga tau karena tempatku kampung aja kali ya disana? Hahaha). Pokoknya orangnya seru banget deh, walaupun agak aneh juga ya, baru kenal tapi udah jalan bareng-bareng hahahaha. Nice to know you Andy! Let's hang out again soon!!!

bonus foto Andy

2 comments:

Anonymous said...

I know him. is he Andy Schauf?

Livia "Lily" Meilani said...

yes sir!