December 25, 2011

"Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI" versi mahasiswi seni rupa

Andai saya menjadi anggota DPD RI...

Sebagai seorang mahasiswi seni rupa, mungkin memiliki cita-cita menjadi seorang anggota DPD dianggap aneh oleh sebagian besar orang. Tapi menurut saya, kenapa tidak? Toh orang-orang seni kan memiliki ‘feeling’ yang lebih peka, dan bukankah itu adalah hal yang sangat esensial jika kita ingin menjadi wakil rakyat? Dan berbekal semangat itu, sayapun berani bermimpi, hmm apa ya yang akan saya lakukan jika menjadi anggota DPD RI?

Mengatasi masalah sampah kah?
Memberantas korupsi dan para pelakunya kah?
Mengatasi masalah kriminalitas kah?


Ah saya tidak biasa bermimpi ‘muluk’ seperti itu. Walaupun hanya perandaian, tapi saya mengandaikan hal-hal yang sekiranya bisa saya capai dengan kapasitas saya. Bukan tidak ingin memberantas korupsi dan semacamnya, tapi saya tidak memiliki dasar-dasar dan pendidikan yang kuat di bidang tersebut. Saya ingin melakukan hal-hal yang bermanfaat buat orang banyak, tapi tentunya hal-hal tersebut juga harus saya kuasai, sehingga saya bisa berperan aktif dan bukan hanya berkoar-koar menyerukan perubahan saja.

Mari berandai-andai kalau saya sekarang ini sudah menjabat sebagai wakil rakyat.


Ya, saya adalah orang seni, dan saya ingin menciptakan atmosfir ‘kreatif’ di wilayah yang saya wakili. Dan saya punya beberapa rencana untuk mewujudkannya.

 Cita-cita saya dari dulu adalah merombak warung dan rumah makan kecil agar tampak lebih menarik dan tidak kumuh. Maka saya akan membuat sebuah program, yang nantinya saya ingin agar program ini dibantu oleh para sukarelawan, dan saya bersama para sukarelawan ini dengan cuma-cuma merombak dan mendekorasi warung dan rumah makan tersebut agar nampak lebih eye-catching dan diminati. Hal ini tentunya juga akan menjadi sebuah ciri khas yang akan dikenal orang.

Selain warung dan rumah makan, saya juga akan sangat mendukung program pelatihan dan penyuluhan di bidang industri kecil terutama industri kerajinan khas daerah, tapi tak sekedar itu, saya juga ingin menjadi orang yang berperan langsung terutama dalam masalah ekspor ke luar negeri. Untuk mendukung hal tersebut, maka saya akan dengan teratur dan berkala mengadakan pameran barang-barang kerajinan berskala kecil maupun besar.

Untuk mempromosikan daerah yang saya wakili ke mata publik, maka saya juga akan turut secara langsung menyumbangkan ide untuk desain iklan dan branding dalam rangka memperkenalkan kekayaan potensi serta wisata-wisata yang terdapat di daerah saya. Dan nantinya iklan dan branding tersebut akan terpampang secara luas di seluruh wilayah daerah juga ditayangkan di media cetak maupun televisi lokal maupun internasional.

Lalu untuk mengundang partisipasi dari kaum muda dan anak-anak, saya juga ingin secara berkala mengadakan lomba dan kompetisi di bidang kesenian, baik kesenian tradisional maupun modern, dan tak lupa mengadakan pemilihan duta kreatif, saya berharap dengan adanya seorang ‘duta’ bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda yang lainnya.

Wah cita-cita yang tinggi ya? Tapi memang perubahan sebesar apapun dimulai dari langkah terkecil. Maka saya akan memulai langkah tersebut hari ini, saat ini juga. Caranya dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan belajar yang saya dapatkan, melanjutkan studi dengan sepenuh hati sambil menyimpan cita-cita yang saya tulis pada hari ini, dan mewujudkannya di masa yang akan datang.


Kata siapa seniman hanya bisa corat-coret?





Lihat saja nanti!

7 comments:

atu said...

MERDEKAAA!

Livia "Lily" Meilani said...

merdeka :) haha halo salam kenal :)

Anonymous said...

mantaf. semangat ya..

Livia "Lily" Meilani said...

hehe makasih :)

cong limboo.com said...

wahhh siippp...serangaatttt...

Livia "Lily" Meilani said...

terima kasih :))

IWAN SUMANTRI said...

Mantap tulisannya...sukses buat semuanya !

Titip artikel2 ini untuk di komentari di blognya:
Berikut 7 tulisan saya :
1. http://lestariairku.dagdigdug.com/2011/12/28/iwan-sumantri-rahmat-itu-nikmat-nikmat-itu-sehat-sehat-itu-bersih-bersih-itu-ada-air/
2. http://iwansmtri.blogspot.com/2011/12/ada-ilmu-matematika-di-obyek-wisata.html
3. http://lestariairku.dagdigdug.com/2011/12/28/iwan-sumantri-rahmat-itu-nikmat-nikmat-itu-sehat-sehat-itu-bersih-bersih-itu-ada-air/
4. http://lestariairku.dagdigdug.com/2011/12/28/iwan-sumantri-konservasi-sumber-daya-air-sederhana/
5. http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/12/24/“kenangan-dan-impian”-keluarga-guru-bertamasya-menikmati-libur-akhir-tahun-di-ancol/
6. http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/12/14/musikal-laskar-pelangi-di-ancol-kado-liburan-istimewa-buat-guru-dan-siswa/
7. http://www.kompasiana.com/iwansumantris3