November 17, 2012

Ceramic Music Festival Jatiwangi

Diliat dulu deh posternya hoho...
Yap, 2 hari yang lalu tepatnya hari kamis kemaren aku dan beberapa teman serta seorang dosen berkunjung ke Ceramic Music Festival 2012 'Pesta Tanah' di Jatiwangi (deket daerah Majalengka, Jawa Barat). Ngapain? Well, seperti yang terlihat di posternya, pada tanggal 15-16 November kemaren, diadakan Bazaar sebagai salah satu rangkaian acara Pesta Tanah ini dan kami dari Tembikar (himpunan studio kriya keramik ITB) dapet sebuah stand buat majang hasil karya, asik kaaaan.

Berangkat sekitar jam 8 pagi dari kampus, kami tiba di Jatiwangi sekitar jam 12 siang, namun karena bazaarnya sendiri baru dimulai sekitar jam 2an, kami mampir ke Jatiwangi Art Factory dulu yang merupakan sebuah pabrik genteng. Yap, Jatiwangi memang terkenal akan pabrik dan produksi gentengnya, gentengnya bahkan sudah diekspor kemana-mana bahkan sampai ke Perancis loh! Dan di sana karena saking banyaknya genteng... Semua terbuat dari genteng! Pager dari genteng, pijakan tangga dari genteng, alat musik dari genteng, bahkan tempat duduk dari genteng, wiiih dalam sehari aku beneran mabok genteng tuh, haha. Oh iya di Jatiwangi Art Factory selain ada pabrik genteng dan gentengnya melulu, ada juga space buat berkarya dan galerinya. Kebetulan pameran karya adalah salah satu acara yang diselenggarakan juga di Ceramic Music Festival 2012, ngga nanggung-nanggung, nama-nama beken perupa keramik (yang beberapa juga adalah dosen-dosenku) nampang di pameran ini seperti Pak Ahadiyat, Kang Natas, sampe kurator beken Pak Asmudjo J. Irianto ikutan pameran. Oh iya satu lagi, namanya juga Ceramic Music Festival, pasti ada musik-musiknya nih... Iya orang-orang di sana kreatif banget, mereka membuat alat musik dari keramik dan genteng loh! Mereka bikin gitar, gamelan, kendang... Wiiih seru! Bahkan denger-denger pas pembukaan acaranya dibuka sama rampak 1001 penabuh genteng! Wiiiiwww...

Hal yang bikin aku kagum banget adalah semangat berkarya warga-warga Jatiwangi. Mereka ngga main-main dengan 'art factory' nya, dan mungkin Jatiwangi ini adalah salah satu tempat yang paling kreatif yang pernah aku kunjungin. Mereka juga intens banget ngadain acara-acara dan forum diskusi setiap bulannya. Kalo mau tau lebih lanjut mangga mampir ke website Jatiwangi Art Factory atau kalo mau mampir websitenya Ceramic Music Festival 2012 juga boleeeh :)



Ini beberapa foto pas di sana..
Ada yang lagi latihan buat penutupan acara tanggal 17 ini

Mangkok pinching karya Pak Ahadiyat

Karya dosenku, Kang Natas

Karya yang 'dibawa' oleh Pak Asmudjo

Genteng...

Genteng...

Genteng is everywhere!

Tungku buat bakar genteng

Tungku lagi..

Tempat buat jemur genteng

Para pekerja pencetak genteng sedang asik bekerja

Arak-arakan drum band dari SD Jatisura

Karya yang ikut dipajang di bazaar

Ini juga karya yang dipajang di bazaar
Berniat main ke Jatiwangi? Ayooo seru loh.. Oh iya doain tanggal 29 November nanti aku bakalan berkunjung lagi ke sentra keramik, kali nanti kami bakalan jalan-jalan ke Plered (deket Cirebon), semoga ngga kalah seru! Jadi semangat berkarya buat pameran tahun depan, yeeeee.....

Sekian (:

3 comments:

kadus ila said...

Main lagi dong kami sedang membuat museum GENTENG JATIWANGI

kadus ila said...

Main lagi dong kami sedang membuat museum GENTENG JATIWANGI

Livia "Lily" Meilani said...

wah pengen banget main lagi!! pengen liat museum nya kalo udah jadi hehe :D