September 29, 2013

My Acne Story, Perjalanan 'Membunuh' Para Jerawat

Siapa yang pernah atau sedang mengalami polemik berupa jerawat? Kayanya hampir setiap orang pasti pernah dihinggapi si 'makhluk' menyebalkan yang satu ini. Kalo jumlahnya masih satu dua dan ukurannya mini-mini sih masih bisa ditolerir ya, tapi kalo jumlahnya udah beranak-pinak dan ukurannya besar-besar... Pasti pengennya langsung diberantas aja ya...

Tapi masalahnya, kadang udah pake produk segala macem, cuci muka rajin, menghindari makanan yg memicu jerawat blablabla eh kok ngga sembuh-sembuh.. Kalo yang banyak uang sih mungkin bisa dilaser atau pake perawatan extra canggih yang ditawarkan berbagai klinik ya, tapi bagi yang kere-kere (kayak aku?? hehe) gimana dong nasibnya? Makanya ngga aneh banyak yang akhirnya 'merelakan' wajahnya dihinggapi jerawat.

**********
Aku salah satu prajurit dan mantan korban perang melawan jerawat ini. Waktu aku SMP aku punya masalah besar dengan jerawat, sampe (masih inget soalnya dalem banget nih) ada temen yang suka ngatain 'Muka Pizza'. Aku dulu memang termasuk orang yang bisa dibilang...tidak menarik. Karena ke-tidak-menarik-an itu, aku ngga suka dandan, pake baju aneh-aneh, bahkan ngga mau difoto. Aku merasa aku ngga 'se-indah' itu, badan bongsor, kulit hideung kusam (hideung=hitam), dan...muka dipenuhi jerawat ganas (tapi ngga ada fotonya...)

Walaupun 'tidak menarik', tapi aku alhamdulilah waktu itu masih 'cantik' di bidang lain, aku aktif di sekolah dan bisa dibilang sangat berprestasi, jadi aku ngga rendah diri dan jadi orang yang mengutuk diri sendiri setiap hari (hahahaha), malah pas SMP itu aku punya pacar, jadi aku ngga pernah stres kalo aku harus 'mempercantik diri'. Yang sebenernya heboh saat itu adalah Ibu aku, aku dikasih berbagai obat jerawat, dari yang murah sampe yang mahal, dibawa ke dokter segala malahan tapi tentu saja seperti yang sudah kalian tebak, hasilnya nihil!

Sampai akhirnya saat itu aku mulai pasrah dan meyakinkan dalam hati,
"Banyak kok orang yang jerawatan tapi hidupnya bahagia aja..."
Mulai saat itu pula, meskipun aku sudah tidak menggunakan pelbagai obat jerawat, jerawatku satu-persatu mulai mengering dan akhirnya pergi. Semua orang heran termasuk aku sendiri, tapi aku hanya bisa mensyukuri dan berbahagia saja :D

Setelah itu, kalaupun muncul jerawat, biasa munculnya satu-satu, ngga keroyokan, dan kalo lagi mau menstruasi aja, selama bertahun-tahun aku ngga ada masalah yang terlalu berarti sama jerawat sampai ketika..........

............September 2012
Di awal tingkat 2 perkuliahan, aku mengalami putus cinta yang luar biasa menyakitkan. Stres berhari-hari, nangis mulu (meskipun di kosan aja sih kalo kuliah mah masih pasang tampang bahagia), kerap kali menyalahkan diri sendiri, ngga semangat, pokoknya kayak orang desperate banget lah. Di tengah kepedihan tersebut, muncullah bunga-bunga cinta jerawat yang baru. Awalnya aku menyangka 'ah palingan jerawat musiman yang sebentar lagi akan pergi' sehingga akupun ngga ambil pusing dan tetap melanjutkan si patah hati yang nyebelin itu, sampai akhirnya awal tahun 2013pun datang, dan jerawatku tak kunjung pergi malah yang ada bertambah parah.

Foto aku dan jerawatku di awal tahun 2013
Saat itu, akupun mulai khawatir, aku mencoba pelbagai obat dari toko dari yang mengandung beleranglah, sulfat-sulfatan lah, tapi ya seperti yang diduga, hasilnya juga ngga ada. Aku malah sempet beli Egyptian Magic Cream (yang termasuknya mahal buat kantongku) tapi masih tetep aja ngga ada khasiat apapun, jerawatku masih sama aja bandelnya.

Tadinya mau coba pake ilmu ikhlas lagi kayak pas SMP, tapi mengingat aku masih putus cinta dan sulit sekali untuk berbahagia di saat begitu, rasanya kok ngga mungkin. Sempet tergoda juga untuk beli satu set acne treatment dari Oriflame yang mahal (lagi-lagi mahal buat kantongku), tapi untungnya selamat berkat sebuah metode yang aku temukan dari acne.org namanya The Regimen.

Buat yang langusng mau cek aja di websitenya langsung juga silakan, tapi di sini akan aku tulis 'metode simpelnya', metode yang affordable dan mudah dilakukan di Indonesia. Yuk mari~~

Langkah 1 dari The Regimen ini adalah "Cuci Muka"
Pilihlah sabun cuci muka yang anti komedogenik alias ngga menyumbat pori. Cara taunya gimana? Sebisa mungkin hindari produk yang mengandung Myristyl myristate, Isopropil Stearate, Stearic Acid dll (nanti aku kasih listnya di bawah yak bahan apa aja yang menyumbat pori). Biar gampang, nih aku kasih beberapa produk yang aku gunakan untuk cuci muka : 
1. Clear and Clear Essential Foaming Wash
yup yang ini!
2. Hada Labo Shirojyuun Foaming Foam

Bisa juga katanya pake Johnson&Johnson yang head to toe itu, tapi aku belom pernah nyobain. Dan harga produk-produk tersebut relatif murah, cuman belasan ribu kok.

Nah setelah mendapatkan sabun cuci muka yang cocok, sekarang waktunya cuci muka! Oh iya, cuci muka itu baiknya hanya 2 kali sehari (pagi dan malam), jadi bukan berarti kamu lagi jerawatan terus harus sering cuci muka biar muka bersih, that's a big no! Karena katanya kalo keseringan cuci muka, wajah jadi kering malah rawan iritasi begitcuuu.

Sebaiknya cuci muka pake air anget, itu bisa mengurangi iritasi pada jerawat, awalnya diciprat-ciprat aja air angetnya ke muka (lakukan kontak wajah dengan sesedikit mungkin deh) terus keluarin sabun dan usap-usap di tangan sampe berbusa (take your time, biarin sampe berbusa dulu yang banyak di tangan ya). Setelah itu, buru-buru dioles-oles ke muka, dan waktu kamu oles-oles ke muka hanya boleh 10 detik saja! Yak jangan lebih ya, 10 detik aja! jadi cepet-cepet aja tapi tetep lembut jangan malah melukai si dede-dede jerawat. Setelah itu siram lagi wajah dengan air hangat, ingat kalo bisa ngga banyak dipegang-pegang tuh si muka, jadi guyur aja, kalopun harus dipegang ya pelaaaaan aja oke.

Selanjutnya keringkan muka. Caranya pake handuk bersih ditepuk pelan jangan digosok. Kalaupun rasanya muka belum kering, biarin aja sampe kering sendiri, biasanya take time sekitar 10 menitan gitu sampe kering alami, kamu bebas mau ngapain dulu sambil nungguin kok.

Langkah kedua dari The Regimen ini adalah : Benzoyl Peroksida
Yap, tinggalkan segala obat jerawatmu baik yang mahal atau yang murah lalu beralihlah ke Benxoyl Peroksida. Kalo di Indonesia, nama bekennya Benzolac, dan ada 3 tingkat kekuatan, Benzolac 2,5%, Benzolac 5%, dan Benzolac Clamidyine, pilih yang 2,5% aja, itu udah kapasitas paling pas untuk bunuh jerawat kok. Belinya di apotek, harganya juga sangat bersahabat, sekitar 13ribu aja.
numpang comot dari medicastire yak
Cara pakenya, setelah muka kamu kering abis cuci muka, keluarkan sejumlah benzolac ke tangan (inget tangan harus bersih, kalo perlu cuci tangan dulu sebelum pake benzolac). Oleskan boros-boros ke daerah wajah kamu yang berjerawat, kalo semuka-muka jerawatan, oleskan ke seluruh wajah. walaupun di kemasan benzolac bilangnya olesin tipis-tipis aja, tapi percayalah, the heart of this regimen adalah pake benzoyl peroksida tebel-tebel (asal janga lebay-lebay banget juga yak).

Setelah itu, diamkan hingga benzolac meresap seutuhnya ke kulit muka kamu. Mungkin akan menimbulkan sedikit rasa gatal, tapi tahan aja ya janga digaruk. Biasanya takes like 15 menit sampe benzolacnya ngeresep, sekali lagi kalian bebas ngapain aja sembari menunggu.

Langkah ketiga dari The Regimen adalah: Moisturizer
Sama seperti obat jerawat lain, Benzolac dengan segala kehebatannya juga menyebabkan muka jadi kering dan suka ngelupas-ngelupas. Masalahnya, neglupas means iritasi, dan iritasi adalah hal yang harus dihindari apalagi ketika kita lagi jerawatan. Cara mengatasi kelupasan-kelupasan ini adalah dengan menggunakan moisturizer. Sama kaya obat cuci muka, pilihlah produk yang tidak menyumbat pori dan ringan. Kalo bisa jangan yang mengandung fragrance atau alkohol juga. Nih ada link tentang penjelasan bahan apa aja yang menyumbat pori (sekalian penjelasan sabun cuci muka dan benzolac sekalian). Kalopun ada moisturizer yang mengandung salah satu bahan yang disebut di link tadi, kalo bisa bahan itu disebutnya di hampir akhir-akhir ingeredients atau di pertengahan, jangan di awal.

Kalo produk yang kau pake, aku pake hada laba shirojyuun series..
ki-ka : lotion, milk, essence, face wash

Dia ngga mengandung alkohol dan pewangi,bahan-bahannya juga ngga mengandung yang nyumbat pori, okelah pokoknya. Selain itu katanya moisturizer wardah juga oke, tapi belum pernah nyoba juga karena sudah nempelnya sama hada labo hahaha.

Cara pakenya, setelah si benzolac meresap dengan sempurna, oleskan banyak-banyak moisturizer ke seluruh muka. Kalo aku kan pake hada labo, aku pake yang lotion dulu terus ditimpa yang milk, karena dia formulanya ringan, jadi ngga lengket kok.

Lakukan The Regimen ini 2 kali sehari (pagi dan malam), dan insya Allah hasilnya membahagiakan...
ini aku setelah sekitar 2-3minggu melakukan tahap2 tadi (maap mukanya ga kobe)

ini aku setelah sekitar 2 bulan melakukan tahap tadi

Sekarang alhmadulilah jerawatnya sudah pergi dan tinggal bekasnya saja. Itupun sudah mulai memudar karena aku rajin maskeran (kapan-kapan aku bahas maskernya ya) dan pake hada labo yang essence nya.

Oh iya, kalo kamu lagi jerawat, sebisa mungkin hindari make up, kalopun mau pakelah produk-produk yang sheer coverage dan jangan pake heavy make up.

Setelah kamu sembuh dari jerawatpun, kalo kulit kamu cenderung-berjerawat, tetap hindari make up yang terlalu 'menutup' karena dia menyumbat pori jadi bikin jerawat juga (kapan-kapan juga aku bahas rangkaian make up yang aku gunakan dan ngga bikin 'break out' di muka aku). Untuk menghindari jerawat yang bertumbuh kembang lagi, baiknya juga kamu mulai mengotrol asupan makanan kamu (tapi ini ngga wajib juga ngga apa-apa). Aku sudah sekitar 3 bulan ini jadi vegetarian(sebenernya ga usah vegetarian jg gapapa asal makan daging jgn berlebihan aja), ngga makan gorengan (kecuali goreng sendiri), mengurangi mie instan (sampe taraf makan mie instan maksimal 2x sebulan), dan banyak minum, hasilnya selain jerawat males balik lagi, muka keliatan lebih seger, dan aku turun berat badan wuow (kapan-kapan aku bahas juga tentang gaya hidup sehat yg sedang aku jalani sekarang).
ini aku bulan lalu~
Nah itu dia tadi tips dari aku untuk memerangi jerawat. Intinya sih sebenernya kita harus bahagia juga biar ngga stress menghadapinya. Semoga tips-tips tadi berguna, maaf postingannya kepanjangan, selamat mencoba dan semoga sukses♥


XoXo

Lily

14 comments:

Adityar said...

Jadi ingat jaman-jaman SMP sama SMA, jerawat sudah kayak hiasan yang eksotis yang setia menghinggapi wajah yang mentok begitu-begitu saja ini :D
Ibaratnya, belum sah jadi remaja kalau belum jerawatan kali ya? Pftthhh ~

Livia "Lily" Meilani said...

@andis : BETUUUUL hahaha

Anonymous said...

beli hada labo nya dimana ? diapotik ada ga ?

Anonymous said...

Kak aku makek benzolac juga br 3 hr jerawat udah mendingan dan tinggal bekas tp skrg kok jd kering , gatelnya masyallah kak :'( . Lanjutin ga ya kak makeknya ?

Maria Niken Mardani Puspitasari said...

Kak kalo benzolac nya dah kering emang bs dikelupas gt ya? Trus kalo mau pake pelembab dibersihin dl gak ya kelupasan gelnya, karna jd susah ngeblend si pelembabnya :(

Anonymous said...

Kak, aku jerawat yg merah2 gitu jarang, tapi komedonya penuh kak 1 muka. Ada yg whiteheads (kening, pipi atas, dagu) sama ada juga yg blackheads (hidung). Bisa ga ya kak diatasi sm benzoyl peroxide? Makasih kak

Livia "Lily" Meilani said...

kalo komedo aku ngga pernah pake benzolac.. tapi mungkin harus coba difacial aja nanti dikeluarin gitu.. atau ya pake ramuan baking soda gitu digosok (coba cari info lanjutnya di internet yaa)..

silvia ningrum said...

Wow.. keren bisa aja tips nya dengan analisa dan bukti yang nyata. thanks for sharing...

minoz said...

Aku juga lagi coba nih benzolac 5%. Baru 3 hari, belum hilang sih soalnya jerawatnya aku pencetin terus.

Anonymous said...

Kak abis pake benzolac di bersihin dulu abis itu pale lotion apa gimana?

Septina Virgianty Putri said...

Halo Ka Lily.. so inspiring article.. akhirnya nemu cara yg simple n ekonomis buat ngelawan musuh bebuyutan yg bandel ini hahaa.. Thanks banget yaa ka..
Udah sering banget blogwalking ttg acne fight story, akhirnya nemu yg pas dihati :D
Anyway, itu list zat2 yg noncomedogenic
mana lagi ya ka? :D

Maria Rosita Maharani said...

mau tanya waktu ngebersihin muka cuma pakai facial wash (clean&clear) aja ? g pake milk cleanser gitu?

Faldi Agung said...

Moisturizer wardahnya itu sesui kulit kita atau bagaimana kan ada 4 varian ada untuk kulit kering,normal sampai berminyak dan kering,dan satunya gatau itu,tolong di jawab

Faldi Agung said...

Moisturizer wardahnya itu sesui kulit kita atau bagaimana kan ada 4 varian ada untuk kulit kering,normal sampai berminyak dan kering,dan satunya gatau itu,tolong di jawab