August 8, 2013

Kerja sambilan/part time sambil kuliah

Kerja sambil kuliah atau sekolah di Indonesia emang ngga terlalu populer ya. Tadi siang bahkan udah coba ngegoogling 'kerja sambilan part time kuliah' yang muncul banyakan blog Malaysian gitu. Padahal di luar negri kayanya sekolah sambil bekerja adalah hal yang sangat lumrah kan..

Nah di hari yang fitri ini, aku lagi pengen banget berbagi kisah 'bekerja' dan pekerjaan apa aja yang pernah aku lakuin; siapa tau ada teman-teman yang kebetulan pengen banget mendapat pengalaman baru dan keluar dari zona nyamannya bisa terinspirasi dan dapet pencerahan ;)

1. Desainer iklan dan proposal di Majalah ART Indonesia (freelancer)
Aku kerja di Majalah ARTi ini pas aku kelas 3 SMA, kisahnya gimana aku bisa kerja di sana bisa dibaca di postinganku yang ini. Gimana caranya bisa kerja sementara aku harus sekolah? Oke, karena kerjaanku disain, sebenernya kerjaanku banyak dikerjain di rumah. Tapi at least sekitar 3 kali seminggu aku harus setor muka ke kantor (yang waktu itu letaknya di Jl. Pemuda Rawamangun Jaktim). Berhubung kantornya itu adalah kantor majalah dan koran, jadi sepulang sekolah aku kesana pun (sore), pasti masih banyak orang dan masih rame. Aku juga beberapa kali ikut rapat dan ngedengerin gimana sih 'dunia kerja sesungguhnya'. Gajinya ngga besar, tapi bangga aja rasanya. Btw gara-gara kerjaan tersebut, aku jadi ngga diremehin lagi pas bilang mau masuk FSRD :) Saranku, meskipun kamu 'masih hijau', pede aja dan coba pengalaman baru! Aku bukan seorang desainer grafis saat itu, skill ku pun biasa-biasa aja, tapi asalkan niat dan berani mencoba hal baru, pekerjaan kaya gini bukan ngga mungkin untuk dijalani. Sayang tapi sekarang majalahnya juga udah ngga ada hehehe, ada masalah intern katanya.

2. Freelance translator
Nah ini termasuk kerjaan sambilan yang cukup populer dan mudah dijalanin. Kalo ngerasa menguasai bahasa tertentu (oke anak sekarang kan banyak banget tuh yang casciscus berbahasa asing), modal itu bisa buat cari duit. Ya meskipun bukan translator legal, pas tingkat satu kuliah aku ditawarin jadi translator untuk sebuah website penyedia template blogger (sayang sekarang websitenya juga ngga ada hehehe :p). Aku dikasih beberapa projek dan untuk satu projek aku bisa dapet sampe 300ribu (lumayan kaaan). Yap aku kerja mentranslate satu website sekitar 3 bulan, dan hasilnya lumayan banget, sayang cuman kerjaan insidental, tapi setelah itu aku ngga pernah kerja translating lagi hehehe :p

3. Kasir di Matahari Department Store
Sebelumnya, pengalamanku kerja jadi kasir ini bisa dibaca di sini. Tahun lalu pas lagi libur kuliah mau naik tingkat dua kan liburnya lama banget tuh, akupun memutuskan untuk ngelamar kerja magang, dan waktu itu dapet info dari twitterya @infobdg tentang lowongan kerja di Matahari King's. Itu mungkin pekerjaan pertamaku yang full time dan serius; aku harus absen tepat waktu, pake seragam yang ditentuin, dan melayani pelanggan dengan prosedur yang udah ditentuin. Gajinya lumayan meskipun kerjanya lumayan capek, tapi itu bener-bener pengalaman berharga buatku. Kerja selama 2,5bulan di sana tapi pelajarannya bener-bener super deh.

4. Penjaga toko 'Tobucil'
Yap lagi-lagi pengalamanku bisa dibaca di postingaku yang ini. Ini pekerjaanku yang sudah berjalan kurang lebih 9 bulan, yap di antara pekerjaan yang lain, ini yang paling awet. Enaknya kerja di tobucil bosnya pengertian, aku cukup perlu bekerja setiap sabtu dan minggu saja :3 Karena kerjanya hanya 2 hari seminggu, jujur gajinya ngga gede-gede amat, tapi ya lumayan lah tambah-tambah buat jajan bulanan hihi. Di tobucil aku merangkap sebagai penjaga toko, kasir, dan pelayan 'kafe mini'. Yang aku suka sih kerjanya santai, dan suasananya kekeluargaan, kita suka masak-masakan bareng di toko, terus suka ditraktir sama bosnya juga. Banyak banget keuntungan dari kerja di tobucil, banyak kenalan dan menambah network, seneng deh pokoknya :")

Nah sekarang saran buat temen-temen yang pengen juga kerja sambilan nih..

a. Kamu punya skill seperti bahasa/bikin website/desain dsb, mungkin bisa cari kerjaan magang atau freelance. Biasanya banyak sih yang butuh, tapi kalo kalian ngga pro di bidang itu mungkin gajinya juga kecil, tapi namanya pengalaman ya gapapa yaa..

b. Kalo bulan-bulan high season kaya menjelang puasa/natal/lebaran gitu; department store/supermarket/atau resto di mal-mal gitu biasanya buka kesempatan magang. Ya kaya cerita aku dulu kerja di matahari aja.. Tapi resikonya waktu lebaran kamu mungkin akan tersita. Jadi sekitar 2-3 minggu sebelum mulai high season, taro aja lamaran dan cv kamu ke tempat-tempat tadi (bilang aja mau kasih lamaran ke satpam atau penjaganya). Biasanya sih mereka butuh banyak infal karena yang pekerja seniornya banyak yang cuti gitu.

c. Kalo mau pekerjaan yang agak 'santai' coba cari toko-toko kecil atau tempat usaha kecil gitu. Kerjaannya selain jaga toko bisa juga jaga warnet/perpus/jadi resepsionis. Ini sebenernya lebih gampang kalo punya koneksi sih, misalnya temen keluarga yang punya toko di mana gitu, atau punya kafe atau apalah itu, coba mulai tanya-tanya keluarga...

d. Pekerjaan full time yang bukan magang mungkin bisa dicoba yang ada shift yang cocok. Misalnya adekku dia kerja di bioskop shift sore sampe malem sementara paginya kuliah. Atau mungkin ada juga beberapa kerjaan part time di fast food resto kaya mcd, kfc gitu-gitu..

Yap intinya itulah sedikit cerita tentang bekerja, serius deh kerja itu pengalamannya luar biasa banget dan ngga terganti. Dengan bekerja juga kamu akan lebih menghargai uang dan profesi orang lain. Yap sekian aja untuk cerita kali ini, happy lebaran ya teman-teman!


Lily

3 comments:

hzboy said...

tobucil! asik kok kerja (sambil main) di toko buku atau perpus hihi. aku juga pernah sih, maybe you want to take a look :3 http://pianisbelel.blogspot.com/2013/05/work-in-heaven.html

CaraJadiAgenPulsaElektrik said...

Info yang bagus buat ane n bermanfaat.Thanks
tips bisnis pulsa

Nabila Najat said...

Perkhidmatan pos antarabangsa paling murah!
Anda tercari-cari syarikat penghantaran antarabangsa yang murah dan cepat? Viabox adalah jawapannya. Viabox menawarkan servis penghantaran yang cepat kerana barangan diproses dalam masa satu hari sahaja. Layari www.viabox.com sekarang.